SPI: "Tolak Impor Beras, Kerja Bulog dan Bapanas Belum Maksimal"

- Selasa, 22 November 2022 | 10:12 WIB
Bapanas belum melakukan otoritasnya, ini kelemahannya  sehingga masih menjadi simpang siur, polemik impor atau tidak impor (pixabay/congerdesign)
Bapanas belum melakukan otoritasnya, ini kelemahannya sehingga masih menjadi simpang siur, polemik impor atau tidak impor (pixabay/congerdesign)

Bisnisbandung.com - Perum Bulog membuka wacana impor beras. Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso menyampaikan (18/11), jumlah stok yang dikuasai Bulog saat ini sebanyak 625 ribu ton beras di dalam negeri dan juga Bulog sudah melakukan kerjasama dengan mancanegara dengan menyimpan stok sebanyak 500 ribu ton beras komersil yang berada di luar negeri.

Menurut Ketua Umum Serikat Petani Indonesia (SPI), sesuai dengan UU Pangan No.18/2012, tidak boleh impor pangan (read: beras) sepanjang produksi pangan bisa disiapkan di dalam negeri.

"Hari ini, produksi pangan, dalam hal ini beras, menurut Kementan produksinya cukup, sampai akhir tahun 2022. Jadi ya tidak bisa impor beras."

Baca Juga: Amankan Stok Beras, BULOG Siapkan Dana Triliunan

"Masalahnya sekarang menurut Bulog, cadangan beras di Bulog tidak memenuhi jumlah yang jadi patokan pemerintah yakni 1,2 juta ton"

"Bulog belum memenuhinya. Ini kekeliruan. Bulog harus andalkan beras yang ada di tengah-tengah masyarakat," kata Henry.

Henry menyampaikan, pemerintah sampai hari ini baru hanya keluarkan peraturan presiden tentang cadangan pangan pemerintah, bukan keluarkan cadangan pangan nasional.

Baca Juga: Bulog Fokus Bisnis untuk Raih Market dan Profit

"Jadi yang dihitung Bulog adalah cadangan pangan yang ada di pemerintah pusat yaitu Bulog. Belum dihitung bagaimana cadangan pangan yang ada di pemerintah daerah, baik itu provinsi, kabupaten, dan kota."

Halaman:

Editor: Ahmad Farizal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3S CCO Contest 2022 Region Jawa Barat Kembali Digelar

Jumat, 25 November 2022 | 22:03 WIB

Sisi Gelap Kehidupan Korea Selatan, Tak Seindah Drakor

Kamis, 24 November 2022 | 22:14 WIB

Gempa Bumi Di Cianjur, Simak Data dan Fakta Selengkapnya

Selasa, 22 November 2022 | 17:30 WIB
X