Kapolri Menetapkan Biaya Pembuatan SIM, Cek Biayanya di Sini!

- Rabu, 2 November 2022 | 20:30 WIB
Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo memberi pengarahan agar tidak terjadi pungutan liar (pungli) selain Biaya Pembuatan SIM yang telah ditentukan (dok. pmjnews)
Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo memberi pengarahan agar tidak terjadi pungutan liar (pungli) selain Biaya Pembuatan SIM yang telah ditentukan (dok. pmjnews)

Bisnisbandung.com - Pembuatan SIM kini dikenakan biaya, dalam surat telegram yang diterbitkan oleh Kapolri pada tanggal 31 Oktober 2022 berisi tentang Biaya Pembuatan SIM yang ditandatangani oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dalam telegram ia memberi pengarahan agar tidak terjadi pungutan liar (pungli) selain Biaya Pembuatan SIM yang telah ditentukan.

Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo menegaskan kepada seluruh jajaran polisi agar tidak memungut biaya sepeserpun dalam pelayanan Pembuatan SIM, kecuali biaya PNBP SIM.

Baca Juga: Layanan Sim Gratis Di HUT Bhayangkara

Sejalan dengan peraturan pemerintah No.76 Th.2020 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak, yang berlaku di Polri.

pada telegram dengan Nomor: ST/2387?X/YAN.1.1./2022 yang ditandatangani oleh Irjen Firman Shantyabudi selaku Kakorlantas Polri tersebut menjelaskan Biaya Pembuatan SIM sebagai berikut:

1. SIM baru, SIM A, A umum, B I, B I umum, B II dan B II umum dikenakan biaya sebesar RP.120.000
2. SIM baru C, C I, C II dikenakan biaya sebesar Rp.100.000
3. SIM baru D dan D I dikenakan biaya sebesar Rp.50.000
4. SIM baru Internasional Rp.250.000
5. SIM Perpanjangan A, A umum, B I, B I umum, B II,B II umum dengan biaya Rp.80.000
6. SIM Perpanjangan C, C I, C II dengan biaya Rp.75.000
7. SIM perpanjangan D dan D I dengan biaya Rp.30.000
8. SIM perpanjangan Internasional dengan biaya Rp.250.000

Baca Juga: Syarat dan Cara Buat SIM Gratis?

Selanjutnya masih arahan dalam telegram, pelaksanaan pemeriksaan psikologi serta kesehatan calon peserta ujian SIM adalah di luar lingkup penerbitan SIM.

Halaman:

Editor: Ahmad Farizal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X