GOTO dan Korporasi Milik Luhut Pandjaitan membuat Joint Venture Kendaraan Listrik Terbesar di Indonesia

- Rabu, 21 September 2022 | 12:00 WIB
Pandu Syahrir, keponakan Luhut Pandjaitan dalam Pemaparan Publik kerjasama GOTO dan TOBA (Instastory @pandusjahrir)
Pandu Syahrir, keponakan Luhut Pandjaitan dalam Pemaparan Publik kerjasama GOTO dan TOBA (Instastory @pandusjahrir)

 

Bisnisbandung.com – Di tengah kenaikan harga minyak berbahan dasar fossil, perusahaan platform digital asal Indonesia, PT. GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) dan korporasi milik Menko Kemaritiman dan Investasi, PT TBS Energi Utama Tbk. (TOBA), Electrum, menargetkan bisa memasok 2 juta unit motor listrik untuk kebutuhan di dalam negeri.

Kerjasama ini nampaknya sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan Atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

“Ini proses adopsi yang cepat. Artinya ada respons positif pasar, masyarakat menyukai pemakaian motor listrik,” kata Pandu Sjahrir Wakil Direktur TOBA kepada Reuters, Selasa (20/9).

Baca Juga: Bursa saham Minggu ini Mencatatkan Net Sell Asing, saham GOTO Bangkit Menembus Level Rp 300

Sejauh ini Electrum telah mengoperasikan 13 stasiun penukaran baterai dan memiliki 300 motor listrik, diharapkan dengan dibantu ekosistem Gojek maka Electrum mampu digunakan secara luas, khususnya dengan mitra Gojek.

Hal ini sejalan dengan pemaparan Gojek pada public expose tahun 2022 yang menargetkan seluruh armadanya di konversi ke listrik pada 2030.

Gojek tercatat memiliki 2 juta mitra ojek motor maupun mobil pada 2021. kebijakan kenaikan BBM subsidi belum lama ini diperkirakan akan berdampak signifikan pada masyarakat dan mitra Gojek.

Electrum sendiri menargetkan kendaraan listriknya dapat dipergunakan di Ibu Kota Nusantara (IKN), sejalan dengan visi IKN sebagai green city. Pandu juga menyatakan ketertarikannya untuk berinvestasi kendaraan listrik di IKN.

Halaman:

Editor: Ahmad Farizal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank Jepang Ini Kepincut Investasi Crypto

Kamis, 22 September 2022 | 10:51 WIB
X