IHSG Suram setelah Rilis Data Inflasi AS Bulan Agustus! Saham Gorengan Kompak Menguat di Sesi Pagi

- Rabu, 14 September 2022 | 13:00 WIB
IHSG ditutup melemah pada sesi siang ini, namun saham gorengan kompak naik  (pixabay)
IHSG ditutup melemah pada sesi siang ini, namun saham gorengan kompak naik (pixabay)

Bisnisbandung.com – Biro Statistik Tenaga Kerja merilis Indeks Harga Konsumen (CPI) untuk Agustus awal Selasa, yang menunjukkan penurunan dibandingkan Bulan Juli sebesar 0,2 namun kenaikan CPI sebesar 8,3% merupakan kenaikan beruntun setelah di Bulan Juli naik sebesar 8,5 % year on year.

Angka ini menunjukan kenaikan harga di AS akan mencapai kenaikan tertinggi dalam empat dekade terakhir - tetapi penurunan yang lebih kecil dari perkiraan ini kemungkinan akan menaikkan suku bunga 0,75 persen lagi dari Federal Reserve pada rapat minggu depan.

Para ekonom memperkirakan akan terjadi kenaikan inflasi 8,1 persen secara tahunan dan penurunan 0,1 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Baca Juga: Bursa saham Minggu ini IHSG turun 1,34%, Net Buy Asing Capai Rp 1,3 Triliun

Hal ini tentunya berdampak terhadap bursa saham dunia, mengutip dari platform Refinitiv Eikon, wallstreet kompak ditutup melemah pada hari Selasa (13/9). Bursa di AS juga melemah, S&P melemah -4,32% dan NASDAQ anjlok – 5,54%.

Tidak hanya di AS, beberapa bursa di Eropa seperti FTSE Russell juga menunjukan pelemahan sebesar -1,17% dan FTSE Eurotop -1,36%.

Hal tersebut membuat bursa di Asia kompak melemah pada pembukaan Rabu (14/9), seperti Nikkei -2,56%, SSE Composite sebesar -1,50%. Bagaimanakah dengan IHSG?

Pagi tadi pada pembukaan pukul 09.00 IHSG dibuka melemah diatas 1% kemudian terjadi koreksi, hingga berita ini dirilis IHSG mengalami pelemahan sebesar 0,83%.

Saham-saham di sektor bahan baku dan perindustrian mengalami pelemahan paling dalam, sektor perindustrian memimpin pelemahan sebesar -1,75% dan sektor bahan baku sebesar -1,42%.

Halaman:

Editor: Ahmad Farizal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank Jepang Ini Kepincut Investasi Crypto

Kamis, 22 September 2022 | 10:51 WIB
X