Perang Antara Rusia dan Ukraina Mempengaruhi Perdagangan Emas Dunia

- Senin, 25 April 2022 | 09:05 WIB
Beberapa faktor yang mempengaruhi naik-turunnya harga emas dunia, antara lain ketidakpastian kondisi global, penawaran dan permintaan emas, kebijakan moneter, inflasi, dan nilai tukar dollar Amerika.  (Pixabay)
Beberapa faktor yang mempengaruhi naik-turunnya harga emas dunia, antara lain ketidakpastian kondisi global, penawaran dan permintaan emas, kebijakan moneter, inflasi, dan nilai tukar dollar Amerika. (Pixabay)

Bisnis Bandung - Pengamat Perdagangan Internasional/Dosen Perdagangan Internasional Universitas Widyatama, Dwi Fauziansyah Moenardy S.IP,. M.I.Pol mengemukakan, emas dalam ekonomi digunakan oleh hampir industri karena dapat memanfaatkan logam mulia/emas ini karena sifatnya yang tidak mudah tercemar dan rusak.

Tidak mengherankan bila nilai logam mulia ini terus meningkat. Dalam bidang ekonomi emas banyak dimanfaatkan sebagai investasi masa depan, kata Dwi Fauziansyah Moenardy S.IP,. M.I.Pol

Dwi Fauziansyah Moenardy S.IP,. M.I.Pol mengemukakan, nilai emas sangatlah stabil atau tidak mudah turun malah semakin mahal setiap tahunya.

Baca Juga: Dituding Melakukan Pembohongan Publik, Luhut Binsar Pandjaitan Dilaporkan ke Polisi

Investasi emas dianggap paling aman atau risk free bagi masyarakat pada umumnya tentu hal ini menjawab pertanyaan akan banyaknya masyarakat yang senang menyimpan emas mereka untuk investasi di kemudian hari dibandingkan untuk terjun langsung ke investasi saham ataupun obligasi.

Pergerakan nilai perdagangan emas sangatlah dinamis, dan selalu naik. Jika kita melihat data pada tahun 2015 harga emas di Indonesia sekitar Rp. 490.000 – Rp. 530.000 per gram.

Lalu beberpa bulan kemudian di tahun yang sama harga emas mengalami kenaikan yang cukup signifikan dibanding tahun-tahun sebelumnya, saat ini harga emas sudah di angka Rp 700.000 per gramnya. Artinya harga emas sudah mengalami kenaikan hingga 35%.

Baca Juga: Refly Harun: Terkait Dilaporkan ke Polisi, Luhut Tidak Perlu di Penjara Tetapi...

Terdapat beberapa faktor dari naik-turunnya harga emas dunia antara lain ketidakpastian kondisi global, penawaran dan permintaan emas, kebijakan moneter, inflasi, dan nilai tukar dollar Amerika.

Halaman:

Editor: Yudhi Prasetyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SPI Geruduk Kantor Kementan RI Unjuk Rasa Tolak Benih GMO

Selasa, 27 September 2022 | 14:00 WIB

OJK Terus Dorong Pengembangan UMKM Jabar

Sabtu, 24 September 2022 | 15:46 WIB
X