Mengapa Ukraina Melirik Alutista Korea Selatan? Baca Ini, Analisis dari Pakarnya

- Minggu, 24 April 2022 | 09:00 WIB
Ilustrasi perang  dengan Alutista (Pixabay)
Ilustrasi perang dengan Alutista (Pixabay)

Bisnis Bandung - Pakar Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran, Teuku Rezasyah menganalisis, apa saja yang menjadi alasan Ukraina melirik Alutista Korea Selatan (Korsel)

Teuku Rezasyah mengungkapkan, baru-baru ini dunia dihebohkan dengan pendekatan khusus Ukraina ke Korea Selatan, untuk mendapatkan Alutsista. Walaupun permintaan tersebut tidak ditanggapi oleh pemerintah Korea Selatan (Korsel).

Namun Kejadian ini membuka mata dunia atas kehandalan Alutsista negeri Ginseng, Korea Selatan (Korsel) ini, kata Teuku Rezasyah.

Dan ternyata Ukraina semakin kreatif saat perang berlangsung, dan sudah membayangkan adanya kesulitan yang akan dihadapi Amerika Serikat dan Uni Eropa dalam memasok senjata untuk Ukraina dimasa depan.

Dalam pandangan Ukraina, Rusia akan mengharamkan kiriman senjata dari Amerika Serikat dan NATO, baik langsung maupun tidak langsung. Sekiranya hal ini terbukti, tidak mustahil Rusia akan kembali menyerang Ukraina.

Baca Juga: Waspadai Ini, Risiko Geopolitik Antara Rusia dan Ukraina Mempengaruhi Peningkatan Harga Komoditas Energi

Karena itu, Korea Selatan adalah pilihkan terbaik yang ada. Dalam hal ini, walaupun merupakan sekutu Amerika Serikat di Asia Timur, Korea Selatan bukankah anggota NATO, namun memiliki Alutsista yang memenuhi standar NATO.

Korea Selatan layak dilirik, karena negara ini memiliki Research and Development (R&D) yang mandiri, dengan tenaga kerjanya yang terlatih, walaupun awalnya disapih Amerika Serikat dan Eropa.

Menurut analisis Teuku Rezasyah, walaupun pemain baru disektor Alutsista, namun Korea Selatan (Korsel) berhasil membangun industri persenjataannya hingga mencapai kelas dunia.

Untuk Alutsista darat, laut, dan udara, yang semuanya dapat dioperasikan dalam berbagai skenario perang dengan negara-negara anggota NATO, ANZUS dan juga AUKUS.

Halaman:

Editor: Yayu Rahayu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3S CCO Contest 2022 Region Jawa Barat Kembali Digelar

Jumat, 25 November 2022 | 22:03 WIB

Sisi Gelap Kehidupan Korea Selatan, Tak Seindah Drakor

Kamis, 24 November 2022 | 22:14 WIB
X