Waspadai Ini, Risiko Geopolitik Antara Rusia dan Ukraina Mempengaruhi Peningkatan Harga Komoditas Energi

- Rabu, 20 April 2022 | 07:00 WIB
Ilustrasi Konflik Rusia Dan Ukraina,  melonjaknya harga minyak dunia akan berimbas pada kenaikan harga minyak subsidi seperti Pertalite dan Solar (Pixabay)
Ilustrasi Konflik Rusia Dan Ukraina, melonjaknya harga minyak dunia akan berimbas pada kenaikan harga minyak subsidi seperti Pertalite dan Solar (Pixabay)

Bisnis Bandung - Pengamat Perdagangan Internasional dari Universitas Widyatama, Dwi Fauziansyah Moenardy S.IP,. M.I.Pol mengemukakan, eskalasi perang Rusia dan Ukraina telah jelas mempengaruhi perekonomian global.

Aksi menjatuhkan sanksi ekonomi telah dilakukan oleh banyak negara dan tentu menganggu perekonomian, terutama pasar energi termasuk harga minyak akibat perang Rusia dan Ukraina.

Hal ini jelas jika kita melihat dalam Global Macro Outlook 2022—2023 yang dipublikasikan Moody's Investors Service pada Kamis (24/2/2022), lembaga tersebut menilai bahwa masalah geopolitik Rusia dan Ukraina dapat memengaruhi perekonomian global.

Terutama di sektor energi salah satunya minyak, dan dampak ini akan terasa secara langsung maupun tidak langsung pada Indonesia, papar Dwi Fauziansyah Moenardy S.IP,. M.I.Pol

Dwi Moenardy Fauziansyah menegaskan, sektor energi jelas tergangu karena Rusia merupakan salah satu pemain utama di pasar minyak dunia dan dipastikan akan berpengaruh terhadap perekonomian global.

Sanksi ekonomi yang dijatuhkan Amerika ke Rusia salah satunya adalah larangan ekspor migas dan diikuti oleh negara-negara lainnya sehingga pasokan minyak ke Eropa dan negara lainnya menjadi terganggu dan tak terkendali.

Baca Juga: Menyoal Efek Perang Rusia-Ukraina Terhadap Ekonomi RI

Tahun lalu, Rusia tercatat sebagai produsen minyak terbesar kedua di dunia.

Rusia memproduksi sekitar 10% dari pasokan minyak dunia. Rusia menguasai seperempat pasokan minyak ke Eropa dan menguasai sepertiga pasokan gas ke Eropa.

Geopolitik Rusia dan Ukraina memiliki resiko sehingga menyebabkan kekhawatiran bagi para pelaku pasar.

Halaman:

Editor: Yayu Rahayu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3S CCO Contest 2022 Region Jawa Barat Kembali Digelar

Jumat, 25 November 2022 | 22:03 WIB
X