Keutamaan Puasa 9 Hari di Bulan Dzulhijjah

- Jumat, 8 Juli 2022 | 08:00 WIB
Ilustrasi keutamaan berpuasa di bulan Dzulhijjah (Unsplash)
Ilustrasi keutamaan berpuasa di bulan Dzulhijjah (Unsplash)

Bisnis Bandung - Hari Raya Iduladha dilaksanakan di tanggal 10 bulan Dzulhijjah yang dirayakan oleh seluruh umat Islam dunia.

Namun sebelum melaksanakan perayaan Hari Raya Iduladha alangkah lebih baiknya bagi kalangan umat muslim untuk melaksanakan puasa pada 9 hari menjelang perayaan tersebut.

Dalam puasa 9 hari tersebut sangat banyak faedahnya bagi yang melaksanakannya karena termasuk kedalam bulan yang penuh mulia yakni bulan Dzulhijah.

Dikutip bisnisbandung.com dari babel.kemenag.go.id (7/7/2022), Bulan Dzulhijah merupakan salah satu bulan yang didalamnya terdapat banyak keutamaan. Karena banyak peristiwa besar yang telah terjadi dan hal itu menjadi momentum sejarah pergerakan umat Islam di bulan ini. 

Selain itu, dalam bulan Dzulhijjah ini juga ada ibadah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan dengan imbalan pahala berlipat ganda, salah satunya adalah puasa sunnah di sembilan hari pertama bulan tersebut. Jelas, Ustadzah Dra. Risnawati penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama (kemenag) Kota Pangkalpinang, Pada Rabu 15 Agustus lalu.

Baca Juga: Boring Company, Perusahaan Milik Elon Musk akan Menerima Pembayaran dengan Dogecoin

Lantas, apa saja keutamaan atau fadillah puasa sunnah di Sembilan hari pertama bulan Dzulhijjah tersebut. Berikut pemaparannya yang dikutip bisnisbandung.com dari babel.kemenag.go.id (7/7/2022), diantaranya sebagai berikut :

 1. Tanggal 1 Dzulhijjah

Allah mengampuni Nabi Adam AS di Arafah, maka yang berpuasa di hari itu akan diampuni dosa-dosanya.

2. Tanggal 2 Dzulhijjah

Halaman:

Editor: Yayu Rahayu

Sumber: babel.kemenag.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keutamaan Puasa 9 Hari di Bulan Dzulhijjah

Jumat, 8 Juli 2022 | 08:00 WIB

Mengapa Waktu Pelaksanaan Iduladha Berbeda

Selasa, 5 Juli 2022 | 10:07 WIB
X