Harga Cabai Terus Naik, Bank Indonesia Jabar Beri Pesan Untuk Para Ibu Rumah Tangga

- Kamis, 14 Juli 2022 | 20:00 WIB
Kepala BI KPw Jabar Saat Mengungkapkan Pesannya Untuk Para Ibu Rumah Tangga Terkait Cabai (Bisnisbandung.com / Budi Hartati)
Kepala BI KPw Jabar Saat Mengungkapkan Pesannya Untuk Para Ibu Rumah Tangga Terkait Cabai (Bisnisbandung.com / Budi Hartati)

Bisnisbandung.com - Pencegahan stagflasi direkomendasikan Bank Indonesia Jabar dilakukan melalui upaya jangka pendek dan jangka panjang.

Salah satu yang perlu dijaga agar tidak terjadi stagnasi pertumbuhan ekonomi serta peningkatan inflasi, yaitu harga kebutuhan pokok. Apalagi, saat ini harga beberapa kebutuhan pokok seperti cabai terus meningkat.

"Oleh karena itu, jangka pendeknya adalah bagaimana menangani ini secara cepat, contohnya pembagian bibit gratis kepada ibu-ibu rumah tangga di kampung inflasi. tanamlah di pekarangan, cabai dan tomat yang bisa cepat berbuah," pungkas Kepala BI KPw Jabar, Herawanto.

Baca Juga: Jelang Ramadhan Harga Komoditas Cabai Di Sejumlah Pasar di Kota Cimahi Alami Kenaikan

Herawanto menyatakan, sebenarnya saat ini kondisi ekonomi Indonesia khususnya Jabar masih baik. Tapi ada sinyal-sinyal yang jika tidak direspon dengan kehati-hatian, akan berdampak pada perekonomian masyarakat Jabar.

Menurutnya, potensi stagflasi sebenarnya ada di level global, tapi bisa berimbas pada Indonesia khususnya Jabar karena perekonomian Jabar terekspos oleh gejolak di luar.

"Ekspor kita besar, industri pengolahan kita itu kontribusinya gede pada perekonomian Jabar dan itu sebagian besar diekspor. Ketika ada gangguan di pasar di mancanegara, itu akan langsung berdampak," tuturnya.

Gangguan tersebut bisa berdampak pada biaya produksi karena meningkatnya biaya energi, seperti yang terjadi saat ini dengan terus meningkatnya harga minyak dunia hingga gas.

Dari sisi pertanian, adanya konflik Ukraina-Rusia pun menjadi masalah, karena pihak yang langsung berkaitan yaitu Amerika merupakan pemasok gandum dan pupuk ke Indonesia.

Halaman:

Editor: Us Tiarsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SPI Geruduk Kantor Kementan RI Unjuk Rasa Tolak Benih GMO

Selasa, 27 September 2022 | 14:00 WIB

OJK Terus Dorong Pengembangan UMKM Jabar

Sabtu, 24 September 2022 | 15:46 WIB
X