Keren, Anak Bangsa Mampu Ciptakan Teknologi Perawatan Dokter Gigi Anti Penyebaran Virus Covid-19

- Senin, 20 Juni 2022 | 22:10 WIB
Inovator GL Dexin+ Dental Aerosol Suction, drg. Lena Lia Napitupulu, MMRS didampingi Kepala Riset Doni Fajar Ramadhan Saat menunjukan Cara Kerja GL Dexin+ Dental Aerosol Suction. (Bisnisbandung.com/Yuwana K)
Inovator GL Dexin+ Dental Aerosol Suction, drg. Lena Lia Napitupulu, MMRS didampingi Kepala Riset Doni Fajar Ramadhan Saat menunjukan Cara Kerja GL Dexin+ Dental Aerosol Suction. (Bisnisbandung.com/Yuwana K)

Bisnis Bandung - Seiring kemajuan zaman, teknologi tentu semakin berkembang. Tak terkecuali inovasi teknologi di dunia kedokteran gigi yang diinsiasi oleh putra bangsa Indonesia.

Satu inovasi dilahirkan oleh perusahaan yang bergerak di bidang Geoteknik dan Laboratorium yakni PT Gerlink Utama Mandiri, yang telah berdiri sejak Agustus 2016.

Tidak tanggung-tanggung, kali ini PT Gerlink Utama Mandiri memberikan kejutan spesial dengan meluncurkan produk dalam negeri yakni GL Dexin+ Dental Aerosol Suction.

Baca Juga: Gelar Diklatsar, PMI Unit Institut Madani Nusantara Lantik KSR Angkatan Riung Unggun Kencana

"Produk ini merupakan salah satu produk yang dibutuhkan oleh dokter gigi khususnya pada masa pandemi untuk mengurangi resiko penularan covid-19. Gerlink Dexin+ merupakan Dental Aerosol Suction yang memiliki dua fungsi antara lain sebagai penghisap droplet dari tindakan medis dokter gigi (Extraoral) dan penghisap cairan dari tindakan medis pada mulut (Intraoral)," kata salah satu inovator GL Dexin+ Dental Aerosol Suction, drg. Lena Lia Napitupulu, MMRS kepada awak media di PT Gerlink Utama Mandiri di kawasan industri Gedebage , Senin (20/6).

Menurut dia, terciptanya GL Dexin+ Dental Aerosol Suction berawal dari masa pandemi pada tahun 2020. Bersama beberapa dokter gigi, kata dia, produk ini dikembangkan sesuai dengan kebutuhan di klinik gigi.

"Selama pandemi banyak pasien yang ragu untuk berkunjung ke rumah sakit karena produksi aerosol yang dihasilkan dari proses merawat dan memperbaiki gigi pasien, berpotensi mengandung virus atau bakteri berbahaya. Aerosol ini muncul saat tindakan pengeboran gigi yang bisa menyembur bersama dengan percikan droplet. Dengan GL Dexin+ Dental Aerosol Suction aerosol yang keluar kemudian nanti akan dihisap sehingga virus dan bakteri tak akan menyebar kemana-mana," tutur Lena.

Baca Juga: Elon Musk : Saya Akan Terus Mendukung Dogecoin

Lena menuturkan GL Dexin+ Dental Aerosol Suction menjadi sangat inovatif lantaran dikombinasikan dengan alat intra oral suction. Menurut dia, alat ini menyatukan dua fungsi yang hingga saat ini belum ada di Indonesia.

"Alat ini menggabungkan dua fungsi dalam satu alat sehingga sangat praktis," pungkas dia.

Senada, drg. Didi Wahyudi dari RS Santosa Bandung mengakui sangat terbantu dengan adanya alat GL Dexin+ Dental Aerosol Suction.
Biasanya, kata dia, alat yang tersedia di pasaran itu alat yang hanya untuk ekstra oral saja, yakni menyedot aerosol

"Alat baru ini memiliki dua fungsi, selain menyedot aerosol atau ekstra oral suction, juga mampu menyedot air ludah dengan cara dimasukkan ke dalam mulut. Jadi untuk dokter gigi seharusnya ini menjadi pilihan yang lebih efektif dan efisien untuk menanggulangi penyebaran virus atau bakteri yang ada pada air ludah pasien," tutur Didi yang juga menjadi inovator GL Dexin+ Dental Aerosol Suction.

Baca Juga: Roti Bagelen Memiliki Ciri Khas Renyah, Gurih, Enak, Terasa Aroma Susunya

Sejak diproduksi tahun 2022, saat ini GL Dexin+ Dental Aerosol Suction sudah diproduksi sekira 100 unit dan dipasarkan di seluruh Indonesia dan ditawarkan dengan kisaran harga Rp. 15 - 20 juta.***

Editor: Yudhi Prasetyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3S CCO Contest 2022 Region Jawa Barat Kembali Digelar

Jumat, 25 November 2022 | 22:03 WIB

Sisi Gelap Kehidupan Korea Selatan, Tak Seindah Drakor

Kamis, 24 November 2022 | 22:14 WIB

Gempa Bumi Di Cianjur, Simak Data dan Fakta Selengkapnya

Selasa, 22 November 2022 | 17:30 WIB
X