Sebabkan Gagal Ginjal, 7 Paracetamol Drop dan Sirop PT Afi Farma Mengandung Etilen Glikol dan Dietilen Glikol

- Kamis, 3 November 2022 | 16:00 WIB
BPOM temukan produk mengandung Etilen Glikol dan Dietilen Glikol penyebab gagal ginjal  (Pixabay)
BPOM temukan produk mengandung Etilen Glikol dan Dietilen Glikol penyebab gagal ginjal (Pixabay)

Bisnisbandung.com - Telah kembali ditemukan obat yang mengandung Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) sebagaimana yang disampaikan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) yang menyebabkan gagal ginjal.

Adanya cairan kimia yang berbahaya berupa Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) dalam obat Paracetamol drop dan Paracetamol sirop dan melebihi ambang batas sehingga bisa menjadi penyebab dari gagal ginjal akut.

Kandungan Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) yang terdapat dalam tujuh obat tersebut dapat menyebabkan gagal ginjal dan sangat berbahaya jika masih beredar di masyarakat.

Baca Juga: Akhirnya! Obat Penawar Gagal Ginjal Akut Sudah Tersedia Secara Gratis

"Kami telah menemukan produksi sirop obat parasetamol drop dan parasetamol sirop rasa peppermint PT Afi Farma," kata Penny Lukito (Kepala BPOM) dikutip tim bisnisbandung.com dari PMJnews, Senin (31 Oktober 2022).

Sekalipun nama merek produksi dari PT Afi Farma tidak disebutkan, tapi Ibu Penny menyampaikan secara tegas bahwa terdapat 7 produksi dari PT tersebut yang mengandung Etilen Glikol dan Dietilen Glikol.

"Ada tujuh produk dari PT Afi Farma yang mempunyai kadar melebihi standar dan kadar bahan baku melebihi ambang batas. Sehingga kami hold produksinya," tambahnya.

Baca Juga: Apa Penyebab Gagal Ginjal Akut Pada Anak? Simak Penjelasan Berikut.

Jadi sebagaimana yang disampaikan bahwa BPOM telah memberikan instruksi kepada PT Afi Farma untuk menahan dan menarik peredaran obatnya supaya tidak dikonsumsi masyarakat dan menghindari adanya tambahan kasus gagal ginjal baru.

Halaman:

Editor: Us Tiarsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X