Gempa di Tapanuli Mengakibatkan Ratusan Rumah Rusak Akibat Gempa Tersebut

- Senin, 3 Oktober 2022 | 10:00 WIB
Gempa Bumi mengguncang Tapanuli hingga merusakkan ratusan rumah warga (Dok BNPB)
Gempa Bumi mengguncang Tapanuli hingga merusakkan ratusan rumah warga (Dok BNPB)

Bisnisbandung.com - Perisitiwa gempa di Tapanuli mengakibatkan sejumlah ratusan rumah rusak akibat dari gempa tersebut pada tanggal 01 Oktober 2022 di Tapanuli, Provinsi Sumatra.

Gempa di Tapanuli dengan kekuatan Magnitudo 5,8 mengakibatkan 872 unit rumah warga mengalami kerusakan parah dan ringan yang terjadi di wilayah tersebut.

"Berdasarkan laporan data kerusakan yang kita terima, ada 872 unit rumah penduduk rusak ringan dan berat, 60 unit rumah ibadah, dan 22 ruas jalan," ungkap Indra Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara.

Baca Juga: Aceh Kembali Diguncang Gempa 6,4 SR, Berikut Pernyataan BMKG

BMKG menginformasikan guncangan ini bisa dirasakan sampai skala V MMI. Ini sama dengan gempa yang bisa dirasakan oleh hampir semua penduduk.

"Juga ada satu orang korban meninggal dunia dan sebanyak 26 orang mengalami luka-luka akibat gempa bumi ini," katanya.

Kerusakan yang timbul akibat gempa di Tapanuli itu, bahwa gempa tersebar di 15 kecamatan di Tapanuli Utara dan sangat membutuhkan langkah penanganan segera, kata Indra.

Dalam akun media sosial BMKG, warganet melihat kabar gempa yang terjadi sabtu hari itu. Mereka mengatakan merasakan gempa tersebut sembari menyebutkan lokasi mereka seperti di Kisaran, Balige, Tanjung Balai, Samosir, Tarutung, Aceh Singkil dan bahkan Riau.

Selain itu, ada delapan unit jembatan, 17 fasilitas pendidikan, dua unit fasilitas kesehatan, 26 unit kantor pemerintahan, tiga unit kantor swasta, 31 saluran irigasi, sembilan unit tembok penahan tanah, tiga unit tiang PLN, dua unit LPJU, dan sembilan unit fasilitas air bersih, juga mengalami kerusakan akibat guncangan gempa bumi di Tapanuli tersebut.

Baca Juga: Wilayah Sesar Lembang Beresiko Terdampak Gempa Daya Rusak Tinggi

Menurut Daryono, gempa yang terjadi di Tapanuli tidak hanya dua kali. Tapi, gempa susulannya sampai lebih dari 30 kali hingga pukul 04.30 WIB. Magnitudo terbesar 5,1 dan terkecil 2,5.

TNI dan Polri mendirikan posko logistik bantuan korban gempa bumi untuk meringankan beban para korban gempa yang sedang kesulitan akibat bencana alam gempa bumi yang melanda Tapanuli Utara.

"Posko ini nantinya menjadi pusat seluruh bantuan yang diterima serta menjadi pusat penyaluran bantuan kepada para korban terdampak gempa bumi," katanya.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Menunjuk Mayjen Purn Achamad Marzuki Sebagai PJ Gubernur Aceh

Dia mengatakan, sejumlah bantuan bagi korban bencana alam, baik dari Kemensos dan pihak lain telah dan akan diterima untuk meringankan beban para korban.

Halaman:

Editor: Ahmad Farizal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rajiv Siap Wadahi Aspirasi Pemuda Kabupaten Bandung

Sabtu, 16 September 2023 | 18:30 WIB

Teladani Mahatma Gandhi, Pejuang Anti Kekerasan

Selasa, 12 September 2023 | 18:15 WIB

Catat! Ini Syarat dan Dokumen Wajib di Seleksi CPNS 2023

Senin, 11 September 2023 | 22:00 WIB
X