Punya Produk dan Ingin Memiliki Label SNI? Simak Langkahnya Berikut ini

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:00 WIB
Cara mengurus Standar Nasional Indonesia (SNI) bagi pengusaha yang memiliki produk untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen (BSN)
Cara mengurus Standar Nasional Indonesia (SNI) bagi pengusaha yang memiliki produk untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen (BSN)

Bisnisbandung.com – Dalam dunia perdagangan saat ini terdapat jutaan produk yang beredar di Indonesia mulai dari makanan, minuman, kosmetik, peralatan listrik, otomotif dll.

Guna memastikan keamanan dan kualitas dari barang yang beredar di Indonesia, Pemerintah RI menerapkan patokan standar yang Bernama Standar Nasional Indonesia (SNI).

SNI saat ini merupakan satu-satunya standar yang berlaku secara nasional di Indonesia yang berlandaskan PP 102 Tahun 2000 tentang Standardisasi Nasional.

Setiap produk yang sudah sesuai dengan ketentuan Pemerintah RI akan diberi tanda stemple sebagai tanda untuk konsumen.

Baca Juga: SNI: Harga Rajungan Terjun Bebas, Nelayan Memilih Berhenti Melaut Daripada Berhutang

Tanda tersebut menjamin kalayakan atau kualitas produk yang akan menjamin hak keamanan yang menggunakan barang-barang tersebut.

Konsumen juga akan merasa nyaman dan yakin jika produk yang mereka gunakan telah sesuai dengan standar SNI.

Hal ini tentu saja membuat produsen yang memiliki label SNI mendapat keuntungan karena produk yang mereka hasilkan telah terjamin kelaikan dan kualitasnya sehingga berpeluang menembus pasar yang lebih luas.

Bagi anda yang ingin mendapatkan label SNI, berikut ini adalah cara atau prosedur bagi produsen untuk mengurus atau mendapatkan label SNI.

Halaman:

Editor: Us Tiarsa

Sumber: Indonesia.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

OJK Terus Dorong Pengembangan UMKM Jabar

Sabtu, 24 September 2022 | 15:46 WIB

SPI Tolak Kedelai GMO, Kembangkan Benih Lokal

Rabu, 21 September 2022 | 11:22 WIB
X