Senjata Masuk Tanpa Izin Impor Untuk Latihan Garuda Shield?

- Kamis, 28 Juli 2022 | 18:00 WIB
Illustrasi Senjata ilegal (unsplash.com)
Illustrasi Senjata ilegal (unsplash.com)

Bisnisbandung.com – Satu kontainer senjata ditemukan petugas Kantor Bea Cukai Pelabuhan Panjang, Lampung. Senjata yang ada dalam kontainer ini tidak tercantum dalam daftar izin impor.

Hal itu mendorong mencuatnya pesan berantai mengenai Bea Cukai Pelabuhan Panjang Lampung yang menyegel satu tricon container US Army berisi senjata.

Terkait hal itu, Korem 043/Garuda Hitam (Gatam) Lampung menyebutkan, satu kontainer berisi senjata tersebut akan digunakan untuk kegiatan latihan bersama Garuda Shield di Pusat Pelatihan Tempur (Puslatpur).

Baca Juga: Di Taman Dirgantara Majalengka Ditempatkan Pesawat Tempur Skyhawk

"Senjata-senjata itu akan digunakan untuk latihan dalam kegiatan Garuda Shield. Sebelumnya dilakukan pendataan dan pencocokan sebelum dibawa ke Puslatpur," ungkap Kapen Korem 043/Gatam Mayor Cpm Eva Y Kamal, Minggu (24/7/22).

Dikemukakan Eva, senjata-senjata di dalam Tricon Container US Army tersebut telah diketahui oleh pihak-pihak terkait , akan dipergunakan dalam latihan Garuda Shield.

"Ini bukan pertama kali dilakukan, sebab sebelumnya sudah dilaksanakan beberapa latihan seperti ini,"ujar Eva.

Dalam kegiatan ini, lanjut Eva , juga sudah ada siapa berbuat apa, bahkan yang punya wilayah pun, Dandim sudah ada di sana, ini adalah kegiatan yang terencana.

Kewenangan Puspen TNI

Halaman:

Editor: Us Tiarsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X