Wamendag RI Ingatkan Praja Harus Siap Hadapi Tantangan Global di Era Disrupsi dan Digitalisasi

- Jumat, 22 Juli 2022 | 15:00 WIB
Profesionalitas ASN Lulusan IPDN Dalam Percepatan Pembangunan Nasional Serta Upaya Menghadapi Globalisasi (Bisnisbandung.com / Kewoy Guntara)
Profesionalitas ASN Lulusan IPDN Dalam Percepatan Pembangunan Nasional Serta Upaya Menghadapi Globalisasi (Bisnisbandung.com / Kewoy Guntara)

Bisnisbandung.com – Di hadapan ribuan Praja IPDN baik yang hadir di Gedung Baleirung Rudini kampus IPDN Jatinangor Sumedang maupun para praja lainnya yang mengikuti acara secara daring, Wakil menteri Dalam Negeri RI John Wempi Wetipo, S.H., M.H, sangat mengharapkan para lulusan IPDN yang nantinya terjun langsung di masyarakat bisa menghadapi ataupun menjalani tantangan kerja secara global di era Disrupsi dan Digitalisasi.

Harapan itu disampaikan Wamendag RI pada saat mengisi acara Stadium General dengan mengusung tema “Profesionalitas ASN Lulusan IPDN Dalam Percepatan Pembangunan Nasional Serta Upaya Menghadapi Globalisasi".

Wamendag RI John Wempi Wetimpo, hadir di Kampus IPDN Jatinangor Kabupaten Sumedang,setelah sebelumnya Beliau juga mengunjungi Kampus IPDN Papua.

Baca Juga: Dukungan Lintasarta Dalam Digitalisasi UMKM Jawa Barat

John Wempi Wetimpo menyampaikan terkait tantangan global yang akan dihadapi oleh calon ASN kedepan, juga terkait upaya-upaya yang harus dilakukan dalam menghadapinya.

John Wempi Wetimpo mengatakan, bahwa calon ASN ini harus bersiap dalam menghadapi tantangan global di era disrupsi dan digitalisasi, karena dampaknya akan mempengaruhi aspek ekonomi, pendidikan, lingkungan, politik dan budaya.

“Di era yang tanpa batas, perubahan sangat cepat terjadi di lingkungan kita. Praja akan dihadapkan dengan berbagai persoalan di lapangan, sehingga kita harus bisa berpikir cerdas. Disrupsi menuntut kita belajar keras terkait teknologi sehingga memunculkan SDM yang baik, dengan SDM yang baik akan menghasilkan inovasi-inovasi yang dapat mengikuti perubahan dari waktu ke waktu”, ujarnya.

Menurutnya, upaya yang harus dilakukan dalam mengatasi tantangan aspek globalisasi ini diantaranya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang profesional, berpegang teguh pada nilai sosial dan norma sosial, menumbuhkan sikap bangga terhadap identitas bangsa Indonesia dan meningkatkan rasa peduli terhadap lingkungan.

Baca Juga: Digitalisasi Bisnis Perunggasan

Halaman:

Editor: Us Tiarsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3S CCO Contest 2022 Region Jawa Barat Kembali Digelar

Jumat, 25 November 2022 | 22:03 WIB

Sisi Gelap Kehidupan Korea Selatan, Tak Seindah Drakor

Kamis, 24 November 2022 | 22:14 WIB
X