Ratusan Pengendara Motor Terjaring Razia Satlantas Polres Cimahi Saat Melintasi Jalan Raya Lembang

- Minggu, 29 Mei 2022 | 21:15 WIB
Anggota Satuan Lalulintas Polres Cimahi, Tengah Menjaring Seorang Pengendara Motor Yang Kedapatan Melanggar Penggunaan Kenalpot Bising, di Jalan Raya Lembang, KBB (Algi Muhammad Ghifari)
Anggota Satuan Lalulintas Polres Cimahi, Tengah Menjaring Seorang Pengendara Motor Yang Kedapatan Melanggar Penggunaan Kenalpot Bising, di Jalan Raya Lembang, KBB (Algi Muhammad Ghifari)

Bisnis Bandung - Jajaran Satlantas Polres Cimahi, menjaring ratusan bikers yang melintas di ruas Jalan Raya Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang kedapatan mengenakan knalpot bising pada Minggu (29/5/22) pagi.

Kebanyakan bikers tersebut hendak melakukan Sunday Morning Ride (Sunmori) ke kawasan Lembang dan wates Subang.

Baca Juga: Polres Cimahi Kumpulkan Pentolan Kelompok Bermotor Brigez, XTC, Moonraker, serta GBR, Ada Apakah?

Para bikers pun pasrah tatkala ditilang kemudian motornya diangkut ke atas truk untuk diboyong ke Mapolres Cimahi. 

Kasatlantas Polres Cimahi AKP Sudirianto menuturkan, sebanyak 105 motor melanggar aturan seperti berknalpot bising, tak membawa SIM dan STNK, serta tak memasang pelat nomor kendaraan.

"Selama lebih dari 2 jam kami melakukan razia ini, dan menyita kendaraan sebanyak 105 unit dengan berbagai pelanggaran didominasi knalpot bising dan tidak standar," ungkap Sudir kepada wartawan di Lembang.

Sudiri menyebut tak sedikit pengendara yang menolak kendaraannya diangkut ke Mapolres Cimahi meskipun sudah jelas melanggar aturan.

Baca Juga: Ternak di 20 Kabupaten Kota Sudah Terjangkit PMK, Kementan Batasi Lalu Lintas Ternak Antar Provinsi

Baca Juga: Demokrat Jabar Minta Kader Doakan Putra Ridwan Kamil

Sebab jika hanya ditilang SIM atau STNK kendaraan tersebut tetap bisa dipakai setiap hari. 

"Betul ada yang menolak, tapi itu kami anggap wajar. Setelah diberikan pengertian akhirnya mereka mengerti dan bersedia kendaraannya diangkut, ini juga sebagai efek jera agar tidak diulangi lagi," jelas Sudir.

Sudir menambahkan para pengendara yang motornya diangkut ke Mapolres Cumahi karena mengenakan kenalpot bising, bisa mengambil kendaraannya dengan syarat membawa knalpot standar pabrikan.

"Apabila pelanggar akan mengambil kendaraannya, silakan datang ke Polres Cimahi serta bawa knalpot standarnya. Kemudian knalpot tidak standarnya akan disita sebagai barang bukti," tuturnya.

Baca Juga: Pernah Alami Kejadian Sama, Dede Yusuf Empati Doakan Putra Sulung Ridwan Kamil

Adanya hal yang menimbulkan keresan di tengah masyarakat lah yang membuat pihak Satlantas Polres Cimahi melakukan penertiban sebagai langkah antisipasi terkait adanya balap liar yang kerap terjadi di sepanjang ruas Jalan Raya Lembang setiap Sabtu dan Minggu.

Halaman:

Editor: Yayu Rahayu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Garut Diguncang Gempa Magnitudo 4,3

Kamis, 2 Februari 2023 | 12:35 WIB

Jambore Talenta Digital Buka Cakrawala Informatika

Jumat, 16 Desember 2022 | 17:45 WIB
X