Madu AW470, Dikonsumsi Para Atlet, Mampu Menjaga Stamina dan Kebugaran, Rambah Pasar Eropa

- Minggu, 29 Mei 2022 | 12:06 WIB
Pemain liga 2 dan liga 3 serta atlet Pon Jabar sering membeli untuk menjaga stamina dan kebugaran mereka (Madu AW470)
Pemain liga 2 dan liga 3 serta atlet Pon Jabar sering membeli untuk menjaga stamina dan kebugaran mereka (Madu AW470)
 
Bisnis Bandung - emilik usaha madu ini, bernama Abdul Wahab, dengan brand yaitu Madu AW470. Usaha madu ini dimulai pada tanggal 15 Mei 2021P 
 
Abdul Wahab mengungkapkan, awal berdirinya usaha madu ini dikarenakan pada waktu covid datang, dan di tahun 2021 angka sangat tinggi, banyak yang sakit, karena musim sakit juga.
 
"Disitu saya melihat peluang, saya niatkan untuk membantu menyembuhkan yang sakit dengan ikhtiar melalui madu murni dengan menghadirkan madu yang murni di tengah-tengah masyarakat", ungkap Abdul Wahab. 
 
 
"Saya membuat madu ini dengan brand sendiri yaitu madu AW470. Nama itu saya pakai dari singkatan anak dan bapak. AW470 yaitu Abdul Wahab dan Ato Suprapto"
 
"Untuk pemasaran produk saya dapatkan dari jaman sekolah di SMK  1 Kota Banjar jurusan Pemasaran. Dari jaman sekolah kelas 1 saya sudah berjualan jersey, kaos distro sampai setelah lulus saya nyoba usaha ayam keprak"
 
"Sehingga itu membuat saya belajar banyak dari pengalaman dan menjadikan bisnis ini sebagai hobby baru selain sepakbola", imbuhnya. 
 
Abdul Wahab mengatakan, bahan baku yang digunakan madu murni yang dipanen langsung dari hutan Riau oleh mas Adi pembolang yang paham tentang ilmu Lebah Madu 
 
Dikatakan Abdul Wahab, untuk melakukan panen di hutan, memerlukan waktu 3-6 hari dengan tim didalamnya ada 4-5 orang
 
"Keunggulan madu AW470 saya ambil langsung dari pembolang yang amanah sehingga sanad madu ini sangat jelas kemurniannya. Alhamdulillah sudah ada yang membawa madu AW470 ke Eropa yaitu tepatnya di Germany"
 
"Tes organileptik jelas yaitu dilihat dari aroma , rasa dan tekstur sesuai nektar yang di ambil lebah di hutan"
 
"Madu kami sudah ada NIB, dinkes P-IRT , untuk cap Halal sedang menunggu sidang fatwa dari MUI"
 
 
Dikatakan Abdul Wahab yakni, manfaat setelah mempunyai legalitas yang jelas yaitu, untuk kepercayaan konsumen, memperluas jaringan pasar, bisa masuk ke toko/ritel, memudahkan untuk teknik marketing dan teknik branding.
 
Sehingga bisa mempengaruhi angka penjualan semakin naik karena banyak nya konsumen yang percaya kepada produk kita
 
Ia mengklaim, untuk harga perbotol 330 gram dijual dengan harga Rp. 80.000. Untuk tiap bulannya alhamdulilah selalu habis dan closing, trend penjualannya naik.
 
Madu ini segmentasi pasar nya sangat luas bisa dikonsumsi oleh anak-anak, remaja,  dewasa, orang tua dan lansia sehingga banyak  pasar yang bisa dituju.
 
Tetapi target madu AW470 untuk olahragawan dan atlet di seluruh Indonesia. Pemain liga 2 dan liga 3 serta atlet Pon Jabar sering membeli untuk menjaga stamina dan kebugaran mereka.
 
Produk dijual di tempat olahraga, di toko dan dikirim ke berbagai daerah di Indonesia. Untuk ekspor masih mencari Buyer dari luar negeri ,baru dibawa beberapa botol madu AW470 ke Germany untuk konsumsi disana.
 
Pemasaran produk untuk menjangkau pasar yang lebih luas menggunakan sosial media melalui WA, Fb, IG, shopee dan tiktok.
 
 
"Konsumen itu ketika mau membeli produk melihat kualitas terlebih dahulu dari segi value dan manfaat produk itu, kita sebagai produsen harus menciptakan produk yang bisa membantu permasalahan yang ada di pasar dengan kualitas yang baik"
 
"Karena bisnis itu adalah solusi dari masalah konsumen, jika sudah bisa melihat peluang itu maka produk kita akan selalu repeat order"
 
"Untuk madu murni persaingan kami menjual madu yang murni ini cukup sehat tidak saling menjatuhkan dengan produk lokal yang lain.
 
"Tetapi permasalahan persaingan ini ada di oknum yang menjual madu palsu yaitu madu sintetis, oplosan dan sirupan ( SOS ) ini yang harus dihindarkan dari masyarakat Indonesia."
 
"Kami penjual madu murni tergabung dalam organisasi Inspirator Lebah Madu Indonesia yang mempunyai visi misi untuk mengedukasi masyarakat tentang madu yang murni. Sehingga masyarakat paham tentang madu murni"
 
 
"Kendalanya terkadang ada madu yang sudah siap panen dan belum tergantung lahan pakan lebah nya sehingga tim pembolang harus menyusuri hutan ke berbagai pulau kecil sehingga stok kami untuk menjual harus menunggu panenan madu itu dulu. Tim kami menjual madu apa adanya dari alam"
 
Abdul Wahab menyatakan, peran serta pemerintah, dari dinas KUKM sering membantu pelatihan untuk umkm dan mengarahkan umkm untuk kreatif inovatif dan kolaboratif.
 
Menurutnya, faktor yang mempengaruhi angka penjualan produk yakni quality  produk, teknik marketing, teknik branding, dan teknik selling nya yang harus terarah. 
 
Ciri khas madu AW470 yakni jelas sanadnya, jelas legalitas, untuk olahragawan dan atlet, sudah ke Germany,  pungkasnya.***

Editor: Us Tiarsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aneka Sambal yang Jarang Diketahui, Sudah Pernah Coba?

Minggu, 13 November 2022 | 08:00 WIB

Aneka Wedang Hangat Khas Indonesia

Kamis, 27 Oktober 2022 | 20:00 WIB

Menikmati Segarnya Es Goyobod Khas Jawa Barat

Kamis, 27 Oktober 2022 | 18:00 WIB

Seledri, Untuk Mencegah Gagal Ginjal Akut

Kamis, 27 Oktober 2022 | 16:00 WIB

Berkenalan dengan Street food India yang populer

Jumat, 21 Oktober 2022 | 19:30 WIB
X