Lebah dan Madu Punya Segudang Manfaat yang Dijelaskan Dalam Al-Quran

- Senin, 4 April 2022 | 23:00 WIB
Ilustrasi lebah dan madu punya kaya manfaat. (Pixabay)
Ilustrasi lebah dan madu punya kaya manfaat. (Pixabay)

Bisnis Bandung - Serangga yang satu ini menempati posisi penting dibanding serangga lainnya.Tak heran jika lebah dijadikan salah satu nama surat dalam Alquran.

Surat ke-16 dalam Alquran adalah An Nahl yang berarti lebah. Secara khusus, surat Makkiyah tersebut dinamakan An Nahl atau lebah, karena pada ayat ke-68 terdafat firman Allah SWT yang berbunyi, "Dan Tuhanmu mengilhamkan kepada lebah: Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia.

Lebah memang makhluk Allah yang istimewa, ia dapat memberikan manfaat dan kenikmatan bagi umat manusia.

Baca Juga: Cerita Ramadhan : Orang Berpuasa Terbagi 3 Golongan, Anda Termasuk Yang Mana?

Seperti yang diterangkan di dalam Al-Qur’an, bagaimana Allah SWT memerintahkan lebah untuk membuat sarang dengan mengambil makanan (getah) dari berbagai jenis tumbuhan untuk dijadikan madu dan produk lebah lainnya, terutama propolis lebah dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Madu mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan kita. Diantaranya adalah madu dapat menghilangkan zat berbahaya yang mungkin telah menumpuk dalam pembuluh darah dan usus.

Selain itu, madu juga bisa menjadi penjaga stamina apabila dicampurkan dalam minuman. Meningkatkan kekebalan tubuh serta menghilangkan dahak ketika batuk.

Baca Juga: Moms, Begini Cara Gampang Mengajarkan Puasa Pada Anak

Masih banyak lagi manfaat yang akan kita dapatkan ketika mengkonsumsi madu baik secara langsung ataupun dicampurkan dengan makanan dan minuman.

Halaman:

Editor: Yudhi Prasetyo

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keutamaan Puasa 9 Hari di Bulan Dzulhijjah

Jumat, 8 Juli 2022 | 08:00 WIB

Mengapa Waktu Pelaksanaan Iduladha Berbeda

Selasa, 5 Juli 2022 | 10:07 WIB
X