Bene Dion: "Geluti Film Bukan Karena Kecintaan, Tetapi Menjalani Hidup"

- Minggu, 29 Mei 2022 | 13:00 WIB
penulis skenario komedi di Indonesia sedikit sekali, jadi persaingannya tidak berat, tidak berdarah-darah (instagram bene dion)
penulis skenario komedi di Indonesia sedikit sekali, jadi persaingannya tidak berat, tidak berdarah-darah (instagram bene dion)
 
 
Bisnis Bandung - Bene Dion Rajagukguk, merupakan stand up comedian, podcaster, penulis skenario, sutradara film
 
Ada sejumlah hasil karya film yang permah ditulis dan disutradarainya, salah satu hasil karya, skenario yang ditulis oleh Bene Dion Rajagukguk ada film Warkop DKI Reborn, dengan jumlah penontonnya mencapai 6.8 penonton.
 
"Pelajaran yang diambil dari film tersebut yakni kalau ada kritik, terima dengan lapang dada, jangan terlalu dimasukkan kehati", ungkap Bene Dion Rajagukguk.
 
Bene Dion Rajagukguk menceritakan awal perjalanannya didunia film yaitu, yaitu diajak Ernest Prakasa. Sepengetahuan Bene Dion Rajagukguk alasan Ernest Prakasa mengajak dirinya karena ingin menarik gerbong kedunia film
 
 
Ernest Prakasa mendeteksi Bene Dion Rajagukguk bisa dan kemungkinan bisa menjadi sutradara.  
 
Alasan Ernest Prakasa beralasan, pasalnya Bene Dion Rajagukguk pernah menghasilkan film pendek, dan pernah menjadi tim penulis Ernest Prakasa difilm "Second Change".
 
Menurut pengakuan Bene Dion Rajagukguk, sosok Ernest Prakasa adalah mentor serta supervisi dirinya dalam dunia film
 
Bene Dion Rajagukguk sendiri mengaku, kemampuannya/ketertarikannya menggeluti dunia film learning by doing.
 
Film pertama yang ditonton dan menjadi inspirasi yakni film Laskar Pelangi. Film tersebut ditontonya waktu dirinya duduk dibangku kelas 3 SMA, dan film pertama yang ditontonmya dibioskop, di Medan. 
 
Bene Dion Rajagukguk mengklaim akses dirinya terhadap film sedikit. Mampu nonton film paling dari hasil copy diwarnet, film bajakan, dan dulu memang tidak mengerti film
 
 
Kemudian ketertarikan pada dunia film, menulis naskah dan menyutradarai film, setelah mengikuti ajang Suci, Stand Up Comedy tahun 2013 silam. 
 
"Setelah stand up comedy mikir ngapain selanjutnya. Pertama kali terpikir penulis skenario"
 
"Waktu itu ada yang bilang, penulis skenario komedi di Indonesia sedikit sekali, jadi persaingannya tidak berat, tidak berdarah-darah, sementara dari kecil memang lebih suka nulis, dan setelah stand up jadi lebih mengerti komedi"
 
"Ya, karena bisa nulis dan komedi, ya udah pengen jadi penulis skenario, bukan karena kecintaan terhadap film karena memikirkan aja mau apa selanjutnya, menjalani hidup saja"
 
Inspirasi komedi, seni, membaca, public speaking dari bapaknya.
 
"Diorang Batak, tidak terbiasa menganggumi, mengungkapkan kekaguman terhadap sesama jenis, sesama laki-laki"
 
Sedangkan darah akademis dari ibunya. Bene Dion Rajagukuguk sempat menjadi atlet Olimpiade matematika. 
 
Salah satu film hasil karyanya yang saat ini cukup viral yakni, "Ngeri-Ngeri Sedap"
 
Naskah film "Ngeri-Ngeri Sedap" ini merupakan naskah film yang ditulis memakan waktu cukup lama, yakni kurang lebih 8 tahun. 
 
 
Naskah film "Ngeri-ngeri Sedap" ditulis Bene Dion Rajagukguk, sebelum dirinya menulis film Warkop Reborn. 
 
Dikatakan Bene Dion Rajagukguk, film 'ngeri-ngeri Sedap", ini bergenre drama komedi, ironi sarkasme. 
 
Film "Ngeri-ngeri Sedap" ini berlatar tokoh Batak, lokasi dan budaya Batak. Uniknya pemeran dalam film tersebut mayoritas adalah artis, stand up comedian, bintang film asal Batak, Sumatera Utara. 
 
Itu semua diungkapkan Bene Dion Rajagukguk dichannel youtube soleh solihun.***
 

Editor: Us Tiarsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menarik! Inilah 3 Ide Bisnis Online Untuk Pemula

Jumat, 25 November 2022 | 21:15 WIB
X