Mantan Pimpinan Federal Reserve, Ben Bernanke Memenangkan Hadiah Nobel untuk Bidang Ekonomi

- Selasa, 11 Oktober 2022 | 09:52 WIB
Ben Bernanke yang pernah menjabat sebagai pimpinan Federal Reserve mendapat penghargaan nobel (dok. official portrait Federal Reserve)
Ben Bernanke yang pernah menjabat sebagai pimpinan Federal Reserve mendapat penghargaan nobel (dok. official portrait Federal Reserve)

Bisnisbandung.com - Ben Bernanke yang dikenal sebagai ekonom dan pernah menjabat sebagai Chairman Federal Reserve baru saja mendapat penghargaan nobel di bidang ekonomi.

Hal tersebut diumukan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia pada hari senin 10 Oktober 2022.

Penghargaan Sveriges Riksbank dalam Ilmu Ekonomi yang diselenggarkan untuk mengenang Alfred Nobel 2022 diberikan kepada Ben S. Bernanke, Douglas W. Diamond, dan Philip H. Dybvig untuk penelitian tentang bank dan keuangan krisis.

Baca Juga: Aplikasi Metaverse Horizon Worlds Milik Meta (Facebook) Dinila Masih Perlu Banyak Pembenahan

Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia merupakan pihak yang bertanggung jawab untuk memilih pemenang Nobel dalam ilmu ekonomi.

Detail pengumuman penghargaan tersebut menulis sebagai berikut:

"Pemenang tahun ini di bidang Ilmu Ekonomi, Ben Bernanke, Douglas Diamond dan Philip Dybvig, telah secara signifikan meningkatkan pemahaman kita tentang peran bank dalam perekonomian, terutama selama krisis keuangan. Temuan penting dalam penelitian mereka adalah mengapa menghindari kebangkrutan bank sangat penting."

Baca Juga: Perusahaan Hong Kong ini dilaporkan Mengakuisisi Exchanger Crypto Huobi

“Ben Bernanke menganalisis Depresi Hebat tahun 1930-an, krisis ekonomi terburuk dalam sejarah modern. Antara lain, dia menunjukkan bagaimana bank runs merupakan faktor penentu dalam krisis yang menjadi begitu dalam dan berkepanjangan, ”tambah pengumuman itu.

Halaman:

Editor: Alit Suwirya

Sumber: Bitcoin.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X