OJK Terus Dorong Pengembangan UMKM Jabar

- Sabtu, 24 September 2022 | 15:46 WIB
Kepala OJK KR2 Jabar Saat Memberikan Bantuan Bagi Pelaku UMKM (dok.OJK)
Kepala OJK KR2 Jabar Saat Memberikan Bantuan Bagi Pelaku UMKM (dok.OJK)

Bisnis Bandung - Guna memulihkan perekonomian nasional yang sempat terpuruk pada masa pandemi covid-19, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 2 Jawa Barat terus mendorong pengembangan UMKM di Jabar.

Peningkatan literasi dan inklusi bagi para pelaku UMKM menjadi salah satu hal yang penting dalam pemulihan ekonomi di Jabar dan sekitarnya.

Saat kegiatan Sosialisasi dan Edukasi bagi Pelaku UMKM di Daerah Cikarang–Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kepala OJK Regional 2 Jawa Barat, Indarto Budiwitono menyampaikan , "OJK terus bersinergi dengan para pemangku kepentingan yaitu mitra kerja Anggota Komisi XI DPR RI, Ibu Vera Febyanthy dan bank BJB, untuk mendukung berbagai program pengembangan UMKM, seperti memperluas akses kredit/pembiayaan serta gencar melaksanakan edukasi-sosialisasi keuangan sebagai salah satu bentuk pendampingan.”

Baca Juga: Ratusan Karyawan Startup Shopee di PHK, Ternyata Ini Alasannya!

Hal tersebut didasari atas pemahamannya, jika kebangkitan sektor UMKM sebagai pilar perekonomian negara merupakan momentum yang baik dalam pemulihan ekonomi nasional.

Karenanya, OJK tidak hanya mendorong akses pembiayaan saja, tapi juga melalui peningkatan kualitas ekosistem UMKM dari hulu sampai hilir. Hal tersebut tentunya supaya para pelaku UMKM khususnya di Kabupaten Bekasi memiliki daya saing tinggi.

Indarto pun berharap, sinergi pemerintah, regulator dan Lembaga Jasa Keuangan melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Jawa Barat diharapkan dapat terus meningkatkan kemampuan pelaku UMKM.

Baca Juga: Kencang dan Terjangkau ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) Ini Jawabannya!

Kemampuan yang diharapkan tersebu diantaranya:

1. Memberikan pengetahuan dasar-dasar kewirausahaan dan pengelolaan keuangan kepada UMKM.

Halaman:

Editor: Yayu Rahayu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3S CCO Contest 2022 Region Jawa Barat Kembali Digelar

Jumat, 25 November 2022 | 22:03 WIB

Sisi Gelap Kehidupan Korea Selatan, Tak Seindah Drakor

Kamis, 24 November 2022 | 22:14 WIB
X