Presiden Jokowi Resmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak yang Menjadi Pelabuhan Terbesar di Kalimantan

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 18:30 WIB
Presiden Jokowi meresmikan Proyek Strategis Nasional Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak pada selasa 8 Agustus 2022 (Tangkap Layar Youtube Setpres)
Presiden Jokowi meresmikan Proyek Strategis Nasional Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak pada selasa 8 Agustus 2022 (Tangkap Layar Youtube Setpres)

Bisnisbandung.com – Kalimantan Barat dikenal memiliki beragam produk unggulan khususnya di bidang sumber daya alam seperti Crude Palm Oil (CPO), Bauksit, dan alumina.

Untuk menunjang transportasi pengiriman hasil alam tersebut Pemerintah RI telah membangun Terminal Kijing yang diharapkan mampu menunjang bisnis di area tersebut.

Saat acara peresmian, Presiden Jokowi mengatakan bahwa beroperasinya Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar) dapat mendukung daya saing produk unggulan yang dihasilkan oleh pelaku usaha di sekitar wilayah tersebut.

Baca Juga: Dampak PSBB Di Beberapa Kota Terminal Tipe A Di Sukabumi Lengang

Sehingga, nantinya produk unggulan dari Kalimantan Barat dapat bersaing dengan produk lainnya.

"Telah selesai pelabuhan ini akan memperkuat competitiveness atau daya saing dari produk-produk unggulan yang dihasilkan oleh provinsi Kalbar," kata Presiden dikutip dari infopublik.id.

Menurut Jokowi, pembangunan infrastruktur yang menghabiskan sekitar Rp2,9 triliun harus dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh para pengusaha Kalbar sehingga, produk-produk yang dihasilkan oleh pelaku usaha Kalbar dapat berkembang dengan adanya pelabuhan tersebut.

Hal itu sangat mungkin terjadi karena terminal pelabuhan tersebut memiliki kapasitas yang sangat besar yakni 500 ribu twenty foot equivalent unit (Teus) dan 8 juta nonpetikemas.

"Itu (Terminal Kijing) adalah pelabuhan terbesar di Kalimantan, jadi harus memberikan dampak positif," kata dia.

Halaman:

Editor: Us Tiarsa

Sumber: infopublik.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

OJK Terus Dorong Pengembangan UMKM Jabar

Sabtu, 24 September 2022 | 15:46 WIB

SPI Tolak Kedelai GMO, Kembangkan Benih Lokal

Rabu, 21 September 2022 | 11:22 WIB
X