Begini cara merespon ocehan bayi agar tumbuh kembang anak optimal. Bikin anak pintar dan cepat membaca

- Rabu, 30 November 2022 | 17:30 WIB
penelitian membuktikan merespon ocehan bayi sangat baik untuk tumbuh kembang anak dan bisa membuatnya pintar  (unsplash/Lawrence Crayton)
penelitian membuktikan merespon ocehan bayi sangat baik untuk tumbuh kembang anak dan bisa membuatnya pintar (unsplash/Lawrence Crayton)

Bisnisbandung.com - menjadi orangtua mempunyai tantangan tersendiri. Sebagai orangtua, kita harus selalu mengawasi dan mendampingi setiap tumbuh kembang anak

Salah satu yang bisa dilakukan sejak dini adalah merespon ocehan bayi. Ocehan bayi atau yang biasa disebut babling bisa beragam. Sesuai usianya, biasanya ocehan dan kosakatanya bisa bertambah jika mendapatkan stimulasi yang tepat.

Merespon ocehan bayi mungkin terdengar sepele, namun sering kali kita sebagai orangtua merasa capek jika terus menerus mendengar dan harus merespon ocehan bayi kembali.

Baca Juga: Lakukan kebiasaan ini untuk miliki rambut panjang dan sehat, alami dan tanpa obat. 

Karena, saat bayi mengoceh, kerap kali kita tidak mengerti apa yang dimaksud dn dibicarakan oleh bayi sehingga sering kali kita merasa lelah dan menyerah begitu saja.

Padahal, merespon ocehan bayi dengan berpura-pura mengerti apa yang dibicarakan bayi sangat baik untuk tumbuh kembang anak. Penelitian membuktikan jika orangtua berpura-pura mengerti dan merespon ocehan bayi bisa membuatnya pintar.

Ini karena saat kita merespon ocehan bayi, dapat menambah wawasan bahasa bayi, sehingga pemahamannya dalam bahasa bisa cepat berkembang dan menstimulasi bayi agar cepat berbicara.

Baca Juga: Intip Kisah Inspiratif Seorang Siswi Mendapatkan Cuan Dengan Bisnis Kuliner 

Selain itu, orangtua secara tidak langsung memperkenalkan konsep suara adalah lebih dari sekedar bunyi-bunyi biasa, namun juga menghasilkan interaksi sosial.

Halaman:

Editor: Alit Suwirya

Sumber: theAsianparent

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menstruasi Bikin Stress? 4 Cara Jitu Atasi Tanpa Obat

Sabtu, 21 Januari 2023 | 20:00 WIB

Cara Menghitung Masa Subur Wanita, Apakah Sudah?

Jumat, 20 Januari 2023 | 18:00 WIB
X