Cegah Penularan Virus Polio pada Anak Dengan Imunisasi Polio

- Sabtu, 26 November 2022 | 20:00 WIB
Illustrasi Imunisasi polio untuk anak (pixabay/mohamed_hassan)
Illustrasi Imunisasi polio untuk anak (pixabay/mohamed_hassan)


Bisnisbandung.com - Imunisasi polio merupakan cara yang efektif untuk melindungi anak dari penularan virus polio yang dapat menyebabkan kelumpuhan. Penyakit polio sangat berbahaya bagi anak-anak karena dampaknya permanen seumur hidup.

Namun, kondisi ini dapat dengan mudah dicegah melalui imunisasi polio lengkap, baik imunisasi tetes maupun vaksin Oral Polio Vaccine (bOPV) bivalen dan vaksin injeksi Inactivated Polio Vaccine (IPV) agar terhindar dari penularan virus polio.

“Oleh karena itu, kita harus melindungi masa depan anak-anak kita dari penularan virus polio dengan memberikan mereka imunisasi polio lengkap,” kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Muhammad Syahril, Kamis (24/11/2022).

Baca Juga: Film Tegar, Kisah Anak Penyandang Disabilitas Menggapai Cita-cita, Simak Sinopsis dan Pemerannya

Cakupan imunisasi polio masih rendah, dalam tiga tahun terakhir cakupan imunisasi polio nasional masih di bawah 90 persen. Berdasarkan data kesehatan, 410 kabupaten perkotaan di tiga provinsi berisiko tinggi terkena polio.

Oleh karena itu imunisasi polio perlu diupayakan agar cakupannya lebih luas dan merata. Sejak Mei 2022 Kementerian Kesehatan bersama pihak terkait telah menyelenggarakan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang menargetkan sekitar 17 juta anak di seluruh Indonesia.

Selain itu, Kemenkes juga merekomendasikan pemberian 14 jenis imunisasi rutin wajib bagi anak yang bisa didapatkan di Posyandu, Puskesmas, petugas kesehatan, rumah sakit secara gratis.

Baca Juga: Awet muda jalur rebahan! Kebiasaan tidur ini bantu kamu cegah tanda penuaan.

“Perlu kesadaran bersama untuk meningkatkan cakupan imunisasi polio, baik OPV tetes maupun IPV suntik. Juga kewaspadaan dini dan tindakan cepat untuk menemukan kasus kelumpuhan layu di seluruh Indonesia,” kata Syahril.

Halaman:

Editor: Ahmad Farizal

Sumber: infopublik.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menstruasi Bikin Stress? 4 Cara Jitu Atasi Tanpa Obat

Sabtu, 21 Januari 2023 | 20:00 WIB

Cara Menghitung Masa Subur Wanita, Apakah Sudah?

Jumat, 20 Januari 2023 | 18:00 WIB
X