Betulkah Nama Bandung Berasal dari Nama Seorang Putri Bernama Nyai Sumur Bandung?

- Senin, 12 September 2022 | 15:00 WIB
Jembatan Pasupati atau Jalan Layang Pasupati ciri khas kota bandung (unsplash)
Jembatan Pasupati atau Jalan Layang Pasupati ciri khas kota bandung (unsplash)

Di selatan bantaran Cikapundung, ada lubuk menyerupai sumur cukup dalam. Konon di lubuk itu bermukim seorang putri bernama Nyai Sumur Bandung.

Sampai sekarang tempat di belakang gedung PLN itu dipercaya orang sebagai tempat keramat dan ada yang suka menziarahinya.Katanya, mereka mempercayai tempat itu sebagai cikal bakal Kota Bandung.

Benar, ada sebagian warga yang keukeuh berpendapat, nama Bandung itu berasal dari nama putri penghuni belakang PLN itu. Oleh karena itu, menurut mereka, mojang Bandung cantik-cantik.

Baca Juga: Hasil Penelitian ITB dan Universitas Indonesia Di Wilayah Waduk Saguling Ada Gajah dan Banteng

Pendapat itu masih berupa mitos. Para sejarawan tidak memasukkannya ke radar penelitian sejarah karena nama Sumur Bandung bukan hanya ada di Bandung.

Di Karawang juga ada kampung Sumur Bandung terletak di Desa Pasirawi, berbatasan dengan Desa Pasirkaliki, Kecamatan Ramamerta Kabupaten Karawang.

Masih ada dua pendapat asal-usul nama Bandung. Para sejarawan berpendapat, dari segi bahasa, bandung itu berarti kembar (banding,bandang, bandung)

Ketika mencari tempat untuk ibukota, Bupati menelusuri sungai menggunakan dua perahu yang disandingkan. Perahu kembar itu disebut ”bandung”.

Berasal dari perahu kembar itulah, kota yang kemudian diresmikan jadi ibukota kabupaten, dinamai Bandung. Tapi pendapat itu juga masih dipersoalkan para peneliti.

Halaman:

Editor: Us Tiarsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menelusuri Jejak Leluhur dari Suku Baduy

Kamis, 27 Oktober 2022 | 19:15 WIB

Cek Nilai luhur Dibalik Merdunya Suara Angklung

Kamis, 27 Oktober 2022 | 16:30 WIB

Prabu Siliwangi, Tokoh Kebanggaan Rakyat Jawa Barat

Kamis, 27 Oktober 2022 | 11:30 WIB
X