Hasil Penelitian ITB dan Universitas Indonesia Di Wilayah Waduk Saguling Ada Gajah dan Banteng

- Jumat, 9 September 2022 | 12:00 WIB
Waduk Saguling yang membendung aliran Sungai Citarum terdapat menyimpan khasanah koleksi fosil purbakala (Tangkap Layar Youtube PIIA Project)
Waduk Saguling yang membendung aliran Sungai Citarum terdapat menyimpan khasanah koleksi fosil purbakala (Tangkap Layar Youtube PIIA Project)

Bisnisbandung.com – Di area perairan Waduk Saguling, pernah hidup gajah, Banteng dan beberapa binatang purba lainnya. Hal itu disampaikan peneliti dari ITB dan UI.

Saguling, danau buatan untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Kabupaten Bandung Barat itu ternyata menyimpan khasanah koleksi fosil kepurbakalaan cukup banyakan.

Penemuan fosil di Pulau Sirtu (Sirtwo Land) kawasan Waduk Saguling itu dilaporkan warga Kampung Suramanggala, Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB) Oktober 2022.

Hasil survei di lokasi yang dilakukan tim dari ITB dan UI, menemukan sedikitnya 17 titik fosil tulang hewan (verterbrata) berbagai jenis dan bentuk.

Baca Juga: Bupati Garut dan IA ITB Jabar Bahas Penanganan Stunting

Penemuan fosil gajah jadi bukti atau indikasi bahwa di Pulau Jawa pernah hidup gajah. Fosil hewan purba jadi bukti kehidupan masa lalu yang memperkaya khazanah keilmuan dan koleksi kepurbakalaan.

Tim peneliti juga menemukan beberapa hewan purba yang berasal dari kelompok Bovidae (sapi, kerbau dan Banteng), Cervidae (kelompok rusa) dan Elepha maximus (gajah).

Diperoleh keterangan , fosil gajah diselamatkan lebih awal karena letaknya yang lebih dekat dengan permukaan air Waduk Saguling.Namun tim peneliti belum bisa memastikan usia fosil gajah dan hewan lain tersebut.

"Tim peneliti gabungan ITB dan UI sudah mengambil sampel untuk diteliti secara radioaktif. Sampel tengah dianalisis di laboratorium di Swiss. Butuh waktu yang lumayan panjang karena analisisnya detail."

Halaman:

Editor: Ahmad Farizal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Isi Buku Panduan Pendaftaran SSCASN 2022

Minggu, 25 Desember 2022 | 17:30 WIB

Atasi Gagal Login Untuk Pendaftaran SSCASN PPPK 2022

Minggu, 25 Desember 2022 | 16:30 WIB

Memperingati Hari Bela Negara Indonesia

Minggu, 18 Desember 2022 | 15:00 WIB

Mengulas Isi Dari Bab 2 Landasan Teori

Minggu, 18 Desember 2022 | 14:00 WIB

Apa Saja Isi Bab 3 Skripsi?

Minggu, 18 Desember 2022 | 13:00 WIB
X