IA ITB Jawa Barat Bersama PWNU Jawa Barat Bahas Pemanfaatan Teknologi untuk Pesantren

- Selasa, 15 Februari 2022 | 17:30 WIB
WhatsApp Image 2022-02-15 at 17.28.53
WhatsApp Image 2022-02-15 at 17.28.53

Bandung (15/2). Dalam kunjungannya ke Gedung Dakwah PWNU Jabar, Jalu Priambodo, Ketua IA ITB Jawa Barat membahas pemanfaatan teknologi untuk membantu pesantren di Jawa Barat. Jalu menyampaikan beberapa poin yang bisa ditawarkan sebagai solusi bagi permasalahan di pesantren.

"Permasalahan air bersih merupakan masalah mendasar pertama, sebab air merupakan syarat thaharoh. Hal ini dapat dibantu melalui teknologi sumur maupun pemurnian air". Ujar alumni Teknik Industri ITB ini.

"Selain itu, pesantren juga membutuhkan infrastruktur IT untuk kegiatan belajar mengajar. Namun infrastruktur tersebut harus terwujud di daerah-daerah yang sulit akses internet dan tidak membebani santri dengan biaya pulsa" tambah Jalu yang juga merupakan komisioner KPID Jabar.

Selain itu, Jalu juga mengungkapkan adanya potensi ekonomi pesantren yang bisa dioptimalkan. "Produk UMKM seperti pangan maupun kerajinan dapat didorong dari desa di sekitar pesantren. Hal ini dapat mendorong bergulirnya ekonomi di desa". IA ITB menurut Jalu dapat membantu teknologi produksi maupun membantu pemasaran produk ke dalam dan luar negeri.

Ketua Umum PWNU Jawa Barat, K.H. Juhadi Muhammad berharap alumni ITB dapat turut berkiprah mengatasi permasalahan warga di Jawa Barat. "Pesantren selama ini merupakan bagian integral masyarakat yang turut berperan dalam mengatasi masalah warga sekitar" ujar Kiai Juhadi.

Jawa Barat merupakan provinsi yang memiliki jumlah pesantren terbesar. Paling tidak terdapat 8.300 pesantren yang tersebar hingga pelosok-pelosok desa Jawa Barat menurut data Kemenag.

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Polri: Jalur Selatan Bisa Jadi Alternatif Jalur Mudik

Jumat, 20 Januari 2023 | 14:15 WIB

Hadiah Terbaik untuk Hari Ibu, No 3 Paling Manjur

Rabu, 21 Desember 2022 | 20:50 WIB
X