Anies Baswedan Mengganti Nama Jalan di Jakarta Di Bandung Nama Baru Tidak Laku

- Selasa, 30 Agustus 2022 | 13:41 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengubah beberapa nama jalan di DKI Jakarta (foto: Instagram @linkevent.id)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengubah beberapa nama jalan di DKI Jakarta (foto: Instagram @linkevent.id)

Bisnisbandung.com - Melalui Keputusan Gubernur, Anies Baswedan mengubah nama beberapa nama jalan di Jakarta dengan nama baru. Ada nama Mpok Nori, Bang Jampang, dan sebagainya. Malah, Gubernur DKI Jakarta itu mengubah ”rumah sakit” menjadi ”rumah sehat”.

Perubahan nama itu ada yang menerimanya dengan antusias, ada pula yang tidak begitu menyuakinya. Pro-kontra memang biasa. Penggantian nama rumah sakit menjadi rumah sehat saja di medsos menjadi bahan jok. ”Harus ada pengumuman, orang sakit tidak boleh masuk”

Perubahan nama tempat, jalan, stasiun, bandara, dan lain-lain sering kali dilakukan orang. Hampir di semua tempat (provinsi, kota/kabupaten) pernah terjadi. Bukan hanya di Jakarta tetapi justru lebih dulu dilakukan di Bandung.

Baca Juga: Anies Punya Dukungan Cukup Besar Kendala Pencapresannya Juga Besar

Perubahan nama itu tidak dapat dilakukan begitu saja. Gubnernur, walikota, atau bupati harus memiunta pendapat ahli sejarah, ahli bahasa, dan perencanaan kota. Bakal nama yang direncanakan biasanya dibawa ke sebuah seminar.

Sestelah ada kesepakatan, dibicarakan di panitia khusus DPRD. Setelah disetujui DPRD, perubahan nama itu diumumkan dengan SK Gubernur, Walikota, atau Bupati. Berdasarkan keputusan Walikota, di Bandung pernah dilakukan perubahan nama jalan.

Nama jalan yang pertama diganti, Jalan Banteng di kawasan Turangga. Di kawasan itu berdiri Masjid Mujahidin berikut Sekretariat DPD Muhammadiyah. Sebagai rasa hormat terhadap kiyai Muhammadiyah itu, nama Jl. Banteng diubah menjadi Jl.KH.Ashmad Dahlan

Sampai hari ini, setelah sekira 20 tahunan, nama jalan dalam kelompok nama binatang itu masih dikenal orang sebagai Jl.Banteng. Nama penggantinya, Jl. KH Ahmad Dahlan, hampir tidak dikenal orang.

Bila ada orang bertanya di mana alamat Rumahsakit Muhamadiyah, jawabnya pasti di Jl. Banteng. Jalan yang bernasib serupa ialah Jalan K.H. Wahid Hasyim. Banyak orang Bandung bingung, di mana jalan yang memiliki nama tokoh NU, ayah Gus Dur tersebut.

Halaman:

Editor: Us Tiarsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menelusuri Jejak Leluhur dari Suku Baduy

Kamis, 27 Oktober 2022 | 19:15 WIB

Cek Nilai luhur Dibalik Merdunya Suara Angklung

Kamis, 27 Oktober 2022 | 16:30 WIB

Prabu Siliwangi, Tokoh Kebanggaan Rakyat Jawa Barat

Kamis, 27 Oktober 2022 | 11:30 WIB
X