Mengapa Tanggal 5 Oktober Ditetapkan Sebagai Hari Tentara Nasional Indonesia?

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 13:00 WIB
Illustrasi Tentara saat penjajahan (pixabay)
Illustrasi Tentara saat penjajahan (pixabay)

Bisnisbandung.com - Kurang dari satu bulan setelah Prtoklamasi Kemerdekaan, Indonesia ditimpa berbagai cobaan berat. Indonesia harus menghadapi Tentara Jepang di satu pihak dan Sekutu di pihak lain serta Belanda yang datang lagi membonceng pasukan Sekutu.

Saat itu Indonesia belum memiliki Tentara nasioinal. Baru pasukan-pasukan pejuang dan laskar rakyat yang bermunculan di berbagai daerah. Karena itu Presiden Soekarno pada tanggal 5 Oktober 1945 membentuk Tentara Keamanan Rakyat (TKR).

Presiden Soekarno mengluarkan maklumat yang mungkin terpendek di dunia. ”Untuk memperkuat perasaan keamanan umum, maka diadakan satu Tentara Keamanan Rakyat”. Itulah ideasi maklumat 5 Oktober yang ditandatangani Presiden RI, Soekarno.

Baca Juga: Kapan Yel Yel ”Merdeka” Berkumandang di Nusantara? Mendorong Semangat Juang Bangsa Indobesia

Berkaitan dengan maklumat itulah, tanggal 5 Oktober 1945 ditetapkan sebagai hari lahir Tentara Nasional Indonesia. Tanggal 6 Oktokat 1945, Presiden mengangkat Supriyadi sebagai Menteri Pertahanan.

Namun pejuang Blitar itu dinyatakan hilang atau tidak pernah muncul, tanggal 20 Oktober Presiden mengumumkan pengangkatan Muhammad Soelyoadikoesoemo sebagai Menteri Pertahanan adinterim.

Sedangkan Pimpinan Tertinggi TKR masih diamanatkan kepada Supriyadi. Kepala Staf Umum TKR dipercayakan kepada Oerip Soemohardjo.

Kekalahan Jepang dari Sekutu tidak berarti Indonesia aman dan rakyatnya sejahtera. Pasukan Sekutu yang dipimpin Tentara Inggris masuk Indonesia. Mereka bertugas melucuti Tentara Jepang. Namun pada praktiknya pasukan Sekutu itu punya niat dan tugas lain.

Mereka justru mengambil alih kekuasaan dari Tentara Jepang kemudian menguasai beberapa wilayah Indonesia. Pasukan Sekutu ditempatkan di Sumatera dan Jawa. Sedangkan daerah lain dijaga oleh Tentara Australia.

Halaman:

Editor: Us Tiarsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Koboy Peot

Selasa, 26 Juli 2022 | 15:12 WIB
X