Kapan Yel Yel ”Merdeka” Berkumandang di Nusantara? Mendorong Semangat Juang Bangsa Indobesia

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 14:29 WIB
Illustrasi Yel Yel saat Uparaca kemerdekaan (unsplash)
Illustrasi Yel Yel saat Uparaca kemerdekaan (unsplash)

Bisnisbandung.com - ”Merdeka” merupakan kata yang punya nuansa sakral sekali gus menjadi pekik pendorong semangat juang bangsa Indonesia dalam merebut dan membebaskan Indonesia dari cengkeraman penjajah.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Pada setiap kali peringatan Proklamasi Kemerdekaan di pusat dan daerah pekik merdeka selalu berkumandang.

”Sedjak Nopember 1945 kita mendengoengkan pekik medrdeka, dengoengkan teroes pekik itoe sebagai dengoengan Djiwa jang merdeka! Djiwa jang berdjoang dan bekerdja. BERDJOANG dan BEKERDJA,. Boektikan itoe!

Baca Juga: Menelusuri Saat-saat Proklamasi Kemerdekaan (1) PENGESAHAN UUD 45 SEHARI SETELAH PROKLAMASI

Tulisan tangan pada secarik kertas menggunakan ejaan lama itu dibuiat dan ditandatangani Soekarno sebagai Presiden. Disebarkan untuk memberi semangat juang kepada para pedjuang dan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Pada tanggal 31 Agustus 1945 Pemerintah RI mengeluarkan maklumat menetapkan ”Merdeka” sebagi pekik perjuangan. ”Merdeka” juia sebagai salam nasional sejak 1 September 1945.

Maklumat itu juga menetapkan tata cara mengumandangkan pekik ”Merdeka”. Bersamaan dengan memekikkan ”Merdeka” orang harus mengangkat tangan setinggi bahu, telapak tangan menghadap ke muka.

Sejak itu, pekik ”Merdeka” berkumandang di mana-mana. Orang Indonesia kala itu secara oitomatis akan mengucapkan merdeka, ketika berjumpa atau berpapasan dengan orfang lain. Kata itu digunakan orang untuk nama berbagai produk, termasuk koran.

Pekik “Merdeka” juga berkumandang pada saat Presiden Soekarno melangtik anggota Kabinet Pertama RI, tanggal 2 September 1945. Susunan kabinet pertama itu ialah :

Halaman:

Editor: Us Tiarsa

Tags

Terkini

Koboy Peot

Selasa, 26 Juli 2022 | 15:12 WIB
X