Dampak Dihapusnya Kewajiban Antigen atau PCR, Puluhan Juta Orang Mudik Lebaran Tahun Ini

- Selasa, 26 April 2022 | 14:17 WIB
Penghapusan kewajiban test PCR dan Antigen, untuk pemudik akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi daerah (unsplash)
Penghapusan kewajiban test PCR dan Antigen, untuk pemudik akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi daerah (unsplash)

Bisnis Bandung - Keputusan pemerintah tentang Cuti Lebaran bersama dan penghapusan kewajiban antigen atau PCR, mendapat sambutan hangat masyarakat. Puluhan juta orang di seluruh Indonesia pulang kampung atau mudik.

Dua tahun lebih mobilitas masyarakat terkendala pandemi, kini pemerintah membuka kembali kesempatan dengan dihapusnya kewajiban antigen. Akibatnya puluhan juta orang diprediksi akan mudik atau melakukan perjalanan wisata.

Sumber Bisnis Bandung di Dishub Jabar, menyebutkan, pergerakan orang secara nasional Lebaran ini akan mencapai 79,4 juta orang. Di Jabar, katanya, tidak dapat diprediksi namun sarana angkutan umum sudan siap.

Masyarakat merasa lega dicabutnya kewajiban antigen atau PCR. Karena itu pemudik lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi. Sekarang pemudik banyak yang menggunakan transportasi umum kembali.

Baca Juga: Tinjau Persiapan Mudik di Stasiun, Walikota Bandung Baru Pertama Kali Naik Sky Bridge

Penggunaan transportasi pribadi berupa mobil diprediksi mencapai 26,8%, speda motor 18.7%. Pemudik berspeda motor masih tetap tinggi meskipun diimbau jangan mudik gunakan motor.

Antusiasme mudik Lebaran tahun ini akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi daerah. Masyarakat, terutama ASN yang menadapat gaji ke-13 dan THR menambah perputaran uang di perdesaan.

Pedagang kecil, khususnya kuliner dan oleh-oleh khas daerah, mendapat pembeli lebih banyak. Selain itu sektor pariwisata, termasuk transportasi, hotel, dan restoran bergairah kembali.

Menurut beberapa biro wisata di Bandung, pesanan bus dan hotel sudah hampir fully-booking terutama obyek wisata Pangandaran, Garut, dan Ciwidey. Hunian hotel di Kota Bandung juga terus naik.

Halaman:

Editor: Us Tiarsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keutamaan Puasa 9 Hari di Bulan Dzulhijjah

Jumat, 8 Juli 2022 | 08:00 WIB

Mengapa Waktu Pelaksanaan Iduladha Berbeda

Selasa, 5 Juli 2022 | 10:07 WIB
X