Kue Mochi Oleh-Oleh Mudik dari Sukabumi

- Sabtu, 23 April 2022 | 12:00 WIB
Mochi khas Sukabumi (Irfan Sonjaya)
Mochi khas Sukabumi (Irfan Sonjaya)

Bisnis Bandung - Seiring dengan menurunnya kasus covid 19, pemerintah mengizinkan masyarakat untuk mudik lebaran pada tahun ini.

Masyarakat menyambut gembira keadaan ini, karena setelah 2 lebaran akhirnya mereka bisa mudik kembali tahun ini.

Masyarakat yang mudik ke kota Sukabumi bisa kembali menikmati kue khas kota tersebut yaitu moci. Jalan-jalan ke kota Sukabumi, tidak lengkap rasanya bila tidak membeli kue mochi, yaitu kue khas Sukabumi yang sudah terkenal sejak lama.

Kue yang terbuat dari tepung ketan ditaburi tepung tapioka berisi kacang tanah halus, dan rasanya kenyal di mulut dan dikemas dalam keranjang kecil dari bambu.

Bagi masyarakat kota Sukabumi, daerah Kaswari atau tepatnya Jl. Bhayangkara Gang Kaswari, Kelurahan Selabatu Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat, tentunya bukan tempat yang asing lagi, sebagai sentral pembuatan dan penjualan kue mochi.

Kue mochi, yang rasanya kenyal saat dikunyah, pastinya sudah banyak yang mengetahui bahwa kue ini terbuat dari bahan utama tepung ketan yang diolah sedemikian rupa, yang berisi kacang tanah bercampur gula pasir, yang kemudian dilumuri tepung tapioka.

Baca Juga: Rasanya Gurih, Renyah dan Berkualitas, Paksin Opak Singkong Ini Cocok Jadi Cemilan Sehari - Hari

Kue mochi, memang bukan barang asli buatan Sukabumi. Pembuatan kue mochi adalah hasil serapan dari mochi di Jepang pada masa penjajahan dulu.

Di Jepang, kue Mochi terbuat dari beras ketan dan biasanya dimakan pada saat perayaan Tahun Baru Jepang. Di Sukabumi, kue mochi biasanya diisi dengan adonan kacang.

Selain menjadi oleh-oleh, kue mochi sudah menjadi cemilan dan bahkan menu favorit untuk berbuka puasa saat Bulan Ramadhan. Kenikmatan kue mochi tidak usah diragukan lagi.

Halaman:

Editor: Yayu Rahayu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bandrek, Minuman Penghangat Tubuh Dikala Hujan

Senin, 28 November 2022 | 17:45 WIB

Aneka Sambal yang Jarang Diketahui, Sudah Pernah Coba?

Minggu, 13 November 2022 | 08:00 WIB

Aneka Wedang Hangat Khas Indonesia

Kamis, 27 Oktober 2022 | 20:00 WIB

Menikmati Segarnya Es Goyobod Khas Jawa Barat

Kamis, 27 Oktober 2022 | 18:00 WIB

Seledri, Untuk Mencegah Gagal Ginjal Akut

Kamis, 27 Oktober 2022 | 16:00 WIB

Berkenalan dengan Street food India yang populer

Jumat, 21 Oktober 2022 | 19:30 WIB
X