Mampu berkembang meski tak dianggap, Berikut daftar negara yang tak diakui dunia

- Jumat, 28 Oktober 2022 | 05:00 WIB
Negara Palestina menjadi salah satu daftar negara berkembang yang sampai saat ini belum mendapat pengakuan di dunia (Tangkapan layar Youtube Studio Langit)
Negara Palestina menjadi salah satu daftar negara berkembang yang sampai saat ini belum mendapat pengakuan di dunia (Tangkapan layar Youtube Studio Langit)

Bisnisbandung.com - Hampir dua ratus daftar negara sebagai anggota organisasi antarbangsa terbesar di dunia di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). dengan terdaftarnya negara di PBB, tentu saja akan lebih mudah menjalin hubungan diplomatik dan diakui oleh negara lain di dunia.

Sebuah negara bisa diakui oleh dunia berdasarkan dua kategori, yakni de jure (kenyataan) dan de facto (sesuai hukum). Namun hingga saat ini, nyatanya masih ada daftar sejumlah negara yang hanya diakui oleh satu atau hanya segelintir negara lain.

Berikut ini beberapa daftar negara yang mengalami perkembangan namun sampai saat ini belum diakui di dunia.

1.Taiwan

Walaupun dengan mendeklarasikan kemerdekaannya, hingga saat ini Taiwan belum dianggap bahkan diakui sebagai sebuah negara oleh PBB.

Negara Taiwan termasuk bagian dari Republik Rakyat Tiongkok (RRT). namun sejak tahun 1949, Taiwan memisahkan diri dari RRT dan sampai sekarang keberadaannya negaranya masih berbeda dengan RRT masih menimbulkan polemik.

Tiongkok masih menganggap bahwa Taiwan dibentuk melalui demokratis sebagai sebagai sebuah provinsi dan menunggu penyatuan kembali pulau Taiwan dengan Tiongkok.

2. Kosovo

Negara ini terletak di bagian Tenggara Eropa, yang awalnya berada di posisi Serbia. sejak Februari tahun 2008 silam, secara sepihak Kosovo menyatakan bahwa dirinya adalah sebuah negara merdeka.

Halaman:

Editor: Alit Suwirya

Tags

Terkini

X