CR400AF, Kereta Cepat Jakarta – Bandung Buatan China Telah Tiba di Indonesia

- Selasa, 13 September 2022 | 10:17 WIB
CR400AF, kereta cepat pertama yang ada di Indonesia dengan rute awal Jakarta - Bandung (dok. CRRCGC)
CR400AF, kereta cepat pertama yang ada di Indonesia dengan rute awal Jakarta - Bandung (dok. CRRCGC)

Bisnisbandung.com – Harapan warga Bandung dan Jakarta untuk mencoba kereta cepat sepertinya akan terealisasi lebih cepat. Pada Jumat (9/9) rangkaian pertama kereta cepat buatan China dengan tipe CR400AF telah sampai di Indonesia.

Kereta cepat Jakarta – Bandung dibangun diatas rel khusus sepanjang 142,3 kilometer dengan total anggaran USD 5,5 milyar. Proyek ini dibangun oleh PT Kereta Cepat Indonesia-China, perusahaan patungan antara konsorsium empat perusahaan milik negara Indonesia dan China Railway International Co. Ltd.

Delapan gerbong kereta yang akan tiba hari jumat ini adalah hasil rancangan perusahaan kereta api asal China, CRRC Qingdao Sifang.

Baca Juga: Biaya Pembangunan Membengkak Menjadi Rp 113,9 Triliun China Diuntungkan Dari Proyek KCIC

Mengutip situs web Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan menggunakan generasi terbaru, CR400AF, yang merupakan hasil pengembangan tipe CRH380A oleh CRRC Qingdao Sifang.

Kereta Cepat ini merupakan salah satu kereta yang efisien, dengan usia lebih dari 30 tahun dan biaya perawatan yang cukup rendah.

Dilansir situs setkab.go.id, Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan menjadi pelengkap ekosistem transportasi kereta api yang diharapkan juga dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi di wilayah Jawa Barat dan DKI Jakarta juga daerah-daerah di sekitarnya seperti Bekasi, Karawang, Purwakarta dan Subang.

“Kedatangan rangkaian kereta api berkecepatan tinggi ini merupakan kabar baik bagi Indonesia dan menunjukkan bahwa Indonesia dapat bersaing dengan negara maju lainnya,” kata Kartika Wijoatmojo, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara kepada Reuters.

Baca Juga: Tinjau Banjir, Oded Terima Keluhan Akibat Pembangunan KCIC

Halaman:

Editor: Ahmad Farizal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3S CCO Contest 2022 Region Jawa Barat Kembali Digelar

Jumat, 25 November 2022 | 22:03 WIB

Sisi Gelap Kehidupan Korea Selatan, Tak Seindah Drakor

Kamis, 24 November 2022 | 22:14 WIB
X