Bupati Bandung Launching Program Bantuan Sosial dan Pelayanan SKTM Online

- Jumat, 9 September 2022 | 16:00 WIB
Bupati Bandung Dadang Supriatna Berikan Simbolis Bantuan Sosial Dalam Launching Program Bantuan Sosial dan Pelayanan SKTM Online, di Gedung SLRT Soreang, Kab. Bandung ( 9/9/22 ) (Bisnisbandung.com / Yuwana)
Bupati Bandung Dadang Supriatna Berikan Simbolis Bantuan Sosial Dalam Launching Program Bantuan Sosial dan Pelayanan SKTM Online, di Gedung SLRT Soreang, Kab. Bandung ( 9/9/22 ) (Bisnisbandung.com / Yuwana)

Bisnisbandung.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung melalui Dinas Sosial melaksanakan launching program bantuan sosial dan pelayanan SKTM Online di Gedung SLRT (Sistem Layanan Rujukan Terpadu) Soreang, Kabupaten Bandung, Jumat (9/9/22).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bandung juga turut menyerahkan bantuan sosial kepada sejumlah sasaran penerima bantuan, di antaranya untuk korban kebakaran, kelompok usaha bersama, Kartu Indonesia Sehat (KIS), insentif untuk Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), insentif untuk koordinator Program Keluarga Harapan (PKH), pendamping PKH, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan serta hibah untuk karang taruna Kabupaten Bandung.

Bupati Dadang Supriatna mengatakan, launching bantuan sosial dan pelayanan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) Online ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Baca Juga: Pemkab Bandung Bangun 2 Rumah Sakit Baru Optimalkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

"Yang tadinya secara langsung datang ke Dinas Sosial Kabupaten Bandung di Soreang, saat ini tidak usah datang ke Dinas Sosial, cukup dibantu melalui desa masing-masing di 270 desa dan 10 kelurahan di Kabupaten Bandung. Nantinya ada petugas di desa maupun kelurahan yang pada akhirnya tidak ada keterlambatan dalam pelayanan, sehingga masyarakat bisa melakukan langkah-langkah cepat atau suatu rencana, di antaranya untuk berobat," tutur Dadang Supriatna usai melaksanakan launching bantuan sosial dan SKTM Online.

Bupati Bandung mengungkapkan, SKTM ini dibutuhkan oleh masyarakat bagi masyarakat yang belum mempunyai KIS (Kartu Indonesia atau BPJS.

"Terutama warga masyarakat yang tergolong lemah, sehingga kita di sini menyediakan SKTM Online," katanya.
Pemkab Bandung, imbuh Dadang Supriatna, turut memberikan bantuan sosial kepada sejumlah penerima manfaat. "Dasarnya adalah mulai dari musrenbang, dan juga dari beberapa e-pokir dan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD), yang pada akhirnya menjadikan sebuah bantuan secara langsung diberikan semua melalui rekening masing-masing, dan tidak berupa tunai," katanya.

Tidak berupa tunai, kata dia, kenapa? Karena menjaga hal yang tidak diharapkan. Selanjutnya dalam menyikapi inflasi saat ini, dan saat ini negara lagi kondisi inflasi, kata Dadang Supriatna, pihaknya sudah mempersiapkan program-program yang berpihak kepada masyarakat. Di antaranya, kelompok usaha bersama (Kube), salah satu program yang rutin dilaksanakan dan tentunya sangat membantu masyarakat.

Baca Juga: Pemkab Bandung Siapkan Angkutan Gratis Bagi Vaksin Lansia

Halaman:

Editor: Ahmad Farizal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3S CCO Contest 2022 Region Jawa Barat Kembali Digelar

Jumat, 25 November 2022 | 22:03 WIB

Sisi Gelap Kehidupan Korea Selatan, Tak Seindah Drakor

Kamis, 24 November 2022 | 22:14 WIB

Gempa Bumi Di Cianjur, Simak Data dan Fakta Selengkapnya

Selasa, 22 November 2022 | 17:30 WIB
X