Pemanfaatan Biodiesel B30 Menjadi B40 Berhasil Ditingkatkan

- Kamis, 28 Juli 2022 | 19:00 WIB
Pengujian bahan bakar B40, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif  (Dok. ESDM)
Pengujian bahan bakar B40, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif (Dok. ESDM)

Bisnisbandung.com - Sudah berjalan dua tahun, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan meningkatkan program B30 atau Biodiesel 30 persen menjadi B40.

Program tersebut sejalan dengan permintaaan Presiden Joko Widodo, agar pemanfaatan bahan bakar biodiesel B30 dapat berlanjut pada B40 hingga B100.

"Indonesia merupakan salah satu negara pionir dalam pemanfaatan biodiesel. Kita jangan hanya berhenti di B30, sehingga dengan hal tersebut kita bisa meminimalisir defisit neraca keuangan kita, karena kita tahu minyak fosil kita sudah mulai berkurang," ujar Menteri ESDM Arifin Tasrif saat launching uji jalan penggunaan bahan bakar B40 di Jakarta, Rabu (27/7/2022).

Baca Juga: Biodiesel B100 Butuh Proses Panjang

Dikutip bisnisbandung.com dari laman Kementerian ESDM pada Rabu (27/7/2022).

Arifin Tasrif mengatakan sebelum implementasi program B40, diperlukan serangkaian pengujian untuk mengetahui kualitas dari produk B40.

"Uji jalan itu merupakan rangkaian akhir dari pengujian sebagai dasar pertimbangan pelaksanaan B40 dan menjamin pemanfaatan biodiesel bisa berjalan dengan baik," imbuh Arifin.

Adapun hasil dari uji jalan B40, beber Arifin, diharapkan telah selesai pada akhir 2022 ini dan bisa menghasilkan rekomendasi teknis untuk kebijakan implementasi B40.

Sementara itu dalam laporannya, Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Dadan Kusdiana, merinci kendaraan yang akan melakukan uji jalan berjumlah 12 kendaraan.

Halaman:

Editor: Us Tiarsa

Sumber: infopublik.id

Tags

Terkini

X