Rektor IPDN : Akan Terus Berusaha Mencetak Calon ASN Yang Bersih, Akuntable, dan Kapable Kepada Masyarakat

- Jumat, 22 Juli 2022 | 14:00 WIB
Dr. Hadi Prabowo, M.M. dalam acara Profesionalitas ASN Dalam Percepatan Pembangunan Nasional serta Upaya Menghadapi Globalisasi (Bisnisbanung.com / Kewoy Guntara)
Dr. Hadi Prabowo, M.M. dalam acara Profesionalitas ASN Dalam Percepatan Pembangunan Nasional serta Upaya Menghadapi Globalisasi (Bisnisbanung.com / Kewoy Guntara)

Bisnisbandung.com - Kampus IPDN Jatinangor Kabupaten Sumedang,kembali menggelar acara Stadium General bagi para prajanya,acara yang dilaksanakan di Balairung Rudini tersebut diikuti sebanyak 5.846 praja dengan dibagi sistem luring dan daring.

Acara yang dihadiri Wakil Menteri Dalam Negeri RI John Wenpi Wetimpo dibuka langsung oleh Rektor IPDN, Dr. Hadi Prabowo, M.M.

Pemaparan tentang Stadium General dengan tema "Profesionalitas ASN Dalam Percepatan Pembangunan Nasional serta Upaya Menghadapi Globalisasi",oleh Wamendag RI ini diharapkan Hadi dapat menjadi pedoman dan acuan bagi para praja dalam menghadapi tantangan di era globalisasi.

Baca Juga: Kebebasan Akademik Di Kampus Telah Direnggut HMI : Terkooptasi Politik Pemerintahan

Hadi mengatakan “Permasalahan globalisasi yang dihadapi adalah permasalahan yang sangat kompleks, yaitu permasalahan digitalisasi informasi dan global megatrend" ujarnya.

Untuk itu, ASN harus dapat bersikap cerdas, kreatif, inovatif, dan kolaboratif. Calon-calon ASN ini yakni para praja sudah diupayakan untuk mampu menyikapi perubahan dan perkembangan zaman”, ujar Hadi.

Selain dua masalah tersebut, Informasi yang overload juga menjadi masalah yang dihadapi oleh praja dan ASN saat ini, “Inilah yang membuat ASN lulusan IPDN harus lebih selektif, mampu memilih dan memilah informasi di dalam upaya peningkatan kompetensi pengkayaan pengetahuan, pengalaman dan sikap perilaku”, tuturnya.

Untuk itulah menurutnya, ASN masa depan di era digital harus mampu dinamis dan learning by doing, sesuai dengan harapan IPDN smart ASN 2024 dengan tetap mengedepankan nilai-nilai asthabrata.

Baca Juga: Bandung Finance Week 2022 Menjadi Finance Exhibition Pertama di Jawa Barat

Hadi Prabowo juga menyampaikan kepada Wamendag RI bahwa IPDN akan terus konsisten menjadikan pendidikan kepamongprajaan, yang mengupayakan untuk meluluskan kader calon pamong praja yang dapat memberdayakan, mengembangkan, memperkuat penerapan ilmu kepamongprajaan di tingkat pemerintah pusat maupun daerah untuk meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat.

Halaman:

Editor: Us Tiarsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X