Polres Cimahi Sudah Mulai Terapkan Cek Fisik Kendaraan Mutasi Masuk Gunakan Sistem Elektronik

- Rabu, 31 Agustus 2022 | 11:00 WIB
Petugas Tengah Melakukan Cek Fisik Kendaraan Menggunakan Sistem Elektronik di Gedung BPKB Makopolres Cimahi (Bisnisbandung.com / Algi)
Petugas Tengah Melakukan Cek Fisik Kendaraan Menggunakan Sistem Elektronik di Gedung BPKB Makopolres Cimahi (Bisnisbandung.com / Algi)

Bisnisbandung.com - Pelayanan cek fisik kendaraan khusus untuk mutasi kendaraan masuk baik roda dua maupun roda empat di wilayah hukum Polres Cimahi dengan menggunakan sistem elektronik memakai 4 kamera beserta monitor khusus sudah mulai diterapkan sejak Senin (29/8/2022) kemarin, di Gedung BPKB Mapolres Cimahi.

Pada masa transisi cek fisik kendaraan dengan menggunakan sistem elektronik ini menurut Kanit Regident Satlantas Polres Cimahi, Iptu Trias Karso Yuliantoro, pihaknya masih memiliki kekurangan, terutama dari durasi waktu yang cukup lama.

"ini kita masih banyak kekurangan terutama pada waktu, karena ada sejumlah bagian bagian dari kendaraan yang harus kita cek, seperti pengecekan rem yang kurang baik, uji emisi, kekencangan ban, dan lampu juga, maka dari itu saat masa transisi cek fisik elektronik ini cukup menguras waktu ," tuturnya saat ditemui di Mapolres Cimahi, Selasa (30/8/2022).

Baca Juga: Satlantas Polres Cimahi: Pelayanan Transisi Cek Fisik Kendaraan R2 dan R4 Pindah ke Gedung BPKB Polres Cimahi

Meminimalisir faktor utama penyebab terjadinya kecelakaan lalulintas, kata Trias menjadi inti dari adanya pengecekan kelaikan kendaraan yang dilakukan di Gedung BPKB Makopolres Cimahi ini, seperti halnya fungsi pengereman hingga pengecekan lampu dalam pelayanan cek fisik elektronik ini.

"Misalnya, kalau ada rem yang kurang baik kita himbau dan sarankan untuk segera memperbaiki di bengkel terdekat, jadi untuk tahap awal ini kendaraan yang tidak lolos cek uji kelaikan masih kita loloskan " ucap Trias.

Digedung BPKB ini, pelayanan secara manual atau dengan cara digesek pun masih tetap dilakukan, karena menurut Trias ini masih dalam masa transisi, maka ari itu cek fisik kendaraan tidak semuanya dapat dilayani dengan menggunakan sistem elektronik.

"Dalam cek fisik elektronik ini memang membutuhkan waktu yang cukup banyak dari satu kendaraannya maka dari itu, waktu masih menjadi kendala," ujar Trias.

Dirinya menjelaskan, sejauh ini pelayanan cek fisik kendaraan dengan menggunakan sistem elektronik ini hanya ada di Mapolres Cimahi dan di wilayah hukum Polda Maluku.

Halaman:

Editor: Ahmad Farizal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Garut Bersyukur Alumni ITB "Nyaah ka Garut"

Senin, 3 Oktober 2022 | 09:30 WIB

Ridwan Kamil Mengapresiasi Dibuatnya AMS Rescue

Minggu, 25 September 2022 | 12:08 WIB

Jelang Rakerda, IA ITB Jabar Gelar Seminar Geothermal

Rabu, 21 September 2022 | 07:51 WIB

HIPMI KBB, Bangkit Solid

Senin, 19 September 2022 | 20:40 WIB
X