Satlantas Polres Cimahi: Pelayanan Transisi Cek Fisik Kendaraan R2 dan R4 Pindah ke Gedung BPKB Polres Cimahi

- Senin, 29 Agustus 2022 | 10:10 WIB
Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Sudirianto (Bisnisbandung.com / Algi)
Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Sudirianto (Bisnisbandung.com / Algi)

 

Bisnisbandung.com - Transisi pemindahan cek fisik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat dari Samsat di Cimahi dan Bandung Barat ke Gedung BPKB yang berlokasi di Mako Polres Cimahi kini tengah di upayakan jajaran Satlantas Polres Cimahi.

Rencananya pelayanan di Gedung BPKB Polres Cimahi kata Kasatlantas Polres Cimahi AKP Sudirianto akan mulai dilaksanakan pada Senin (hari ini.red), (29/8/2022).

"Ya, betul besok akan ada masa transisi pemindahan uji cek fisik kendaraan khusus proses mutasi masuk. Pelaksanaan cek fisik dan untuk proses mutasi masuk akan dipindahkan ke gedung BPKB Polres Cimahi," kata Sudirianto kepada wartawan, Minggu (28/8/2022).

Baca Juga: Indonesia Sambut Era Elektrifikasi Kendaraan Bermotor, Isuzu Hadirkan Prototype Truk Listrik

Adanya pemindahan tersebut, ucap Sudirianto, karena Polres Cimahi menjadi pilot projeck pelayanan di gedung baru Prototype BPKB berikut dengan gedung pelayanan cek fisik elektroniknya.

"Digedung baru Prototype BPKB kita ini, Selain dapat mengidentifikasi cek fisik, kita juga dapat melihat layak dan tidak layaknya kendaraan tersebut untuk dioprasikan di jalan. Karena yang tadinya pengecekan dilakukan secara manual sekarang kita dilengkapi penerapan sistem eletronik serta kamera, kemudian ada uji emisi, lampu, dan fungsi pengereman, jadi mobil layak jalan atau tidak dapat kita identifikasi," Ucap Sudirianto.

Penerapan cek fisik kendaraan dengan sistem elektronik itu, menurut Sudirianto, akan memudahkan pengawasan dan pengecekan kendaraan. Terlebih proses identifikasi kendaraan melalui cek fisik secara elektronik juga akan menjadi lebih valid.

"Dengan adanya alat ujicoba cek fisik elektronik yang dihadirkan Korlantas Polri di Polres Cimahi ini, tentunya akan membantu kami dalam melakukan proses validasi berupa cek fisik kendaraan secara elektronik," tutur Sudirianto.

Halaman:

Editor: Ahmad Farizal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Garut Bersyukur Alumni ITB "Nyaah ka Garut"

Senin, 3 Oktober 2022 | 09:30 WIB

Ridwan Kamil Mengapresiasi Dibuatnya AMS Rescue

Minggu, 25 September 2022 | 12:08 WIB

Jelang Rakerda, IA ITB Jabar Gelar Seminar Geothermal

Rabu, 21 September 2022 | 07:51 WIB

HIPMI KBB, Bangkit Solid

Senin, 19 September 2022 | 20:40 WIB
X