Selangkah Lebih Maju dengan Standar Emisi yang Lebih Baik, UD Quester Euro 5 Telah Hadir di Bandung

- Rabu, 15 Juni 2022 | 09:12 WIB
UD Quester Euro 5 telah hadir di Bandung. (Bisnisbandung.com/Yudhi P)
UD Quester Euro 5 telah hadir di Bandung. (Bisnisbandung.com/Yudhi P)

Bisnis Bandung - Beberapa bulan yang lalu, Pemerintah telah menerapkan standar emisi baru bagi kendaraan diesel pada 12 April 2022 menjadi Euro 4, dari sebelumnya Euro 2. Ketentuan ini telah diatur melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017.

Pada aturan itu meliputi kategori kendaraan M untuk kendaraan roda empat atau lebih yang digunakan untuk angkutan orang, N untuk roda empat atau lebih yang digunakan untuk angkutan barang, dan O buat kendaraan penarik untuk gandeng atau tempel.

Menurut pemerintah pengetatan ambang batas emisi kendaraan perlu dilakukan agar berkontribusi pada pengurangan polusi dan kerusakan lingkungan.

Baca Juga: Mencoba Fitur Honda Sensing All New BR-V dan City Hatchback Rute Bandung-Pangandaran

Ditengah merespon aturan baru dan beberapa produsen truk lainnya yang telah mengeluarkan produk-produknya berstandar emisi gas buang Euro 4, UD Truck justru selangkah lebih maju dan resmi meluncurkan Quester dengan standar emisi yang lebih baik, yakni Euro5.

Standar emisi tersebut didapatkan dari penggunaan sistem Selective Catalytic Reduction (SCR) yang menyemprotkan cairan urea (AdBlue®) ke gas buang.

Adapun alasan penerapan Euro 5 dipilih ketimbang Euro 4, menurut pihak UD Astra Motor Indonesia (UD AMI), standar regulasi yang berlaku April nanti tak akan bertahan lama. Soalnya, di dunia standar yang berlaku sudah memasuki Euro 6. Dengan menghadirkan lini truk berteknologi Euro 5 di masa sekarang, peralihan tersebut akan bisa terjadi dengan lebih lancar.

Baca Juga: 95 Peserta Ramaikan Putaran Kedua Brio Slalom Challenge 2022 di Gedung Sate Bandung

SCR menyemprotkan larutan urea (AdBlue) ke gas buang dari mesin. Cairan AdBlue dalam tangki tersebut mengurai Nitrogen Oksida (NOx) menjadi air dan gas nitrogen yang aman bagi lingkungan. (Bisnisbandung.com/Yudhi P)

Halaman:

Editor: Yudhi Prasetyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Exhibition Perdana Honda WR-V Hadir Di Kota Bandung

Kamis, 24 November 2022 | 10:19 WIB

Motor Listrik ini Cuma 8 Jutaan, Solusi Harga BBM Naik

Minggu, 18 September 2022 | 10:52 WIB

Honda Tambah Dealer Di Cikampek

Kamis, 1 September 2022 | 16:30 WIB
X