Mencoba Fitur Honda Sensing All New BR-V dan City Hatchback Rute Bandung-Pangandaran

- Kamis, 9 Juni 2022 | 13:45 WIB
Uji Performa  All New Honda BR-V dan Honda City Hatchback RS rute Bandung-Pangandaran dengan menempuh kondisi jalanan berkelok dengan kontur naik dan turun. (Bisnisbandung.com/Yudhi P)
Uji Performa All New Honda BR-V dan Honda City Hatchback RS rute Bandung-Pangandaran dengan menempuh kondisi jalanan berkelok dengan kontur naik dan turun. (Bisnisbandung.com/Yudhi P)

Bisnis Bandung - Honda Bandung Center mengajak puluhan jurnalis Bandung dan Jawa Barat untuk menjalani sesi test drive All New Honda BR-V dan Honda City Hatchback RS. Amazing Test drive kali ini diselenggarakan menempuh perjalanan Bandung- Pangandaran via Ciwidey menyusuri jalur Jabar selatan dengan estimasi jarak tempuh 250 km, pada Selasa-Rabu 7-8 Juni 2022.

Sebanyak 5 unit All New BR-V dan 5 unit Honda City Hatchback RS dijajal para awak media untuk mengetahui seberapa besar ubahan yang dilakukan Honda untuk kenyamanan, performa, dan rasa berkendara mobil keluaran terbaru dari Honda.

Para awak media yang terlibat dalam Amazing test drive ini, dibagi beberapa group. Test drive ini istimewa karena semua unitnya adalah tipe tertinggi salah satunya dengan fitur Honda SENSING seperti Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM), Collision Mitigation Brake System (CMBS), Adaptive Cruise Control with Low Speed Follow (ACC), Lead Car Departure Notificatiom System dan Auto High Beam.

Baca Juga: Seberapa Besar Peluang Tesla Untuk Berinvestasi Di Indonesia? Kendala-Kendalanya Bagaimana? 

Selama dalam perjalanan, para jurnalis yang menghuni mobil All New City Hatchback dan All New BR-V  ini mencoba semua fitur, kenyamanan serta performa kendaraannya sejak menyusuri jalan tol Soreang menuju Ciwidey Kabupaten Bandung. Kedua jenis Kendaraan baru ini, dirancang memberikan kemudahan serta kenyamanan bagi pengemudi maupun penumpangnya.

Saat melaju di jalan tol, fitur Lane Keeping Assist System (LKAS) mulai aktif pada kecepatan 72 km/jam, Ketika kendaraan secara tidak sengaja bergerak keluar lajur alias dari marka jalan, sistem LKAS akan memberikan pemberitahuan dan jika dibutuhkan peranti RDM akan mengembalikan kendaraan ke lajur semula. Tak lupa fitur Adaptive Cruise Control pun dicoba dalam menjaga kestabilan kecepatan dengan kendaraan yang ada didepannya.

Saat memasuki rute jalanan Ciwidey Kabupaten Bandung, jalanan mulai padat dan cukup ramai. Fitur Collision Mitigation Brake System yang telah aktif membantu mengaktifkan pengereman darurat saat sistem mendeteksi adanya objek yang mendekat atau objek yang melintas di depan kendaraan secara tiba-tiba.

Baca Juga: Inovasi Motor Berbahan Bakar Air, Bisa Tempuh 232 Km Hanya dengan Satu Liter

Jadi jika pengemudi kurang tanggap bahkan potensi tabrakan berlanjut, secara langsung komputer melalui Collision Mitigation Braking System (CMBS) mengambil alih dan segera menerapkan tahap pengereman otomatis, meski pengemudi tak menyentuh pedal rem sedikitpun. Jadi, perannya besar dalam mengurangi dampak tabrakan. Apalagi misal, pengendara lengah atau meleng.

Ketika menyusuri daerah perkebunan teh Rancabali hingga Naringgul Kabupaten Cianjur yang penuh dengan kelokan, tanjakan, dan turunan yang cukup menantang, All New BR-V dan All New City Hatchback RS tetap gesit, lincah, respon mesinnya pun terbilang komunikatif membaca perintah pedal gas.

Auto High Beam yang terdapat pada paket fitur keselamatan aktif Honda Sensing dari BR-V ini memiliki fungsi untuk mengubah secara otomatis lampu depan mobil sesuai kebutuhan dan kondisi jalan. Jadi, saat sistem mendeteksi pencahayaan di depan mobil terlalu gelap, maka sistem akan menyalakan otomatis lampu jauh. Sementara apabila selanjutnya sistem mendeteksi adanya kendaraan lain yang melaju dari arah berlawanan, maka sistem akan mengubah kembali lampu jauh tersebut ke lampu dekat.

Baca Juga: Mitsubishi Catat Penjualan Positif dan Pertahankan Pangsa Pasar di Maret 2022

Untuk urusan performa mesin 4-silinder 1.500cc DOHC i-VTEC ini sebenarnya sudah sangat cocok tak hanya dalam kota saja, melainkan nyaman untuk digunakan perjalanan luar kota. Apalagi selama perjalanan disuguhi pemandangan elok nan indah yang memanjakan mata, salah satunya Air Terjun Ceret di kawasan Naringgul Kabupaten Cianjur dan setiap awak media berusaha mengabadikannya dalam momen foto dan video.

Setelah melewati menyusuri kawasan Naringgul, para rombongan Amazing test Drive tiba di titik pertama pemberhentian yang berada di kawasan Pantai Ranca Buaya. Setelah berisitirahat sejenak, perjalanan pun dilanjutkan menyusuri jalur Jabar selatan via Santolo, Pameungpeuk hingga tiba di kawasan wisata Pangandaran. Tak ketinggalan pesona keindahan pantai Madasari Kabupaten Pangandaran pun menjadi tujuan para rombongan Test drive untuk dikunjungi sambil bersantai sejenak sebelum melakukan perjalanan kembali ke kota Bandung.

All Team Honda Bandung Center dalam kegiatan Amazing Test Drive. (Bisnisbandung.com/Yudhi P)


Kegiatan Amazing Test drive ini semakin seru dan berkesan, dimana para awak media selain mencoba seluruh performa kendaraan beserta fitur-fiturnya, sekaligus dihiasi berabagai games menarik dan tentunya memberikan suasana keakraban diantara para awak media dan juga seluruh tim Honda Bandung Center.

Baca Juga: SPK All New HR-V di Jabar-Banten Tembus 122 Unit

"Salah satu fitur andalan dari Honda BR-V dan Honda City Hatchback adalah fitur keselamatan yaitu Honda sensing. Karena masih merupakan sesuatu hal yang baru, tentu perlu waktu perlu dan pengertian yang lebih dalam dari pemakai kendaraan. Kita berharap sekali dengan fitur keselamatan yang baru ini. Para pemilik para pengguna dan pemakai merasakan kelebihan dan manfaat yang besar sekali dari Honda sensing.

Harapannya tentu kembali ke setiap dasar aktivitas test drive sebetulnya rekan-rekan media itu bisa merasakan secara riil dan untuk jangka waktu yang lebih lama, supaya masing-masing media itu bisa mengeksplor fitur-fitur dari pada All New BR-V dan Honda City Hatchback secara menyeluruh, jadi punya kesempatan yang luas untuk mencoba berbagai kelebihan dan tentunya juga kita ingin mendengar kekurangan dari produk yang kita jual karena sekali lagi tidak mungkin satu produk itu seratus persen sempurna pasti ada lebih dan ada kekurangan,"ujar Iwan Tjandradinata, Operational Director Honda Bandung Center.

Iwan menambahkan, respon masyarakat sejauh ini terhadap mobil Honda cukup baik. Kita masih berusaha keras untuk meningkatkan penjualan kita di Honda BR-V dan Honda City Hatchback, walaupun Honda City hatchback telah menduduki rangking 1 di segmennya. Bukan sesuatu yang mudah, tapi melihat tren kita yakin Honda All New BR-V juga akan berada di minimal diposisi tiga besar di segmen tersebut.

Baca Juga: Resmi Meluncur di Indonesia, Generasi Terbaru HR-V Dibekali Fitur Keselamatan Honda Sensing

"All New BR-V  untuk wilayah Jabar-Banten memiliki target market yang sebesar kurang lebih 30% dari segmen LSUV antara 250 sampai 300 unit sebulan. Sedangkan Honda City hatchback walaupun kita sudah mencapai market share di atas 50%, tapi kita berusaha untuk mempertahankan volume tersebut, kita Harap sampai akhir tahun masih bisa menduduki rangking 1 di segmen hatchback. Karena pengalaman kita dengan pendahulunya yaitu Honda Jazz yang punya reputasi yang sangat baik selalu menduduki rangking 1 di segmen hatchback. Dan ternyata terlepas dari berbagai kekhawatiran Honda City hatchback juga bisa kembali menduduki rangking 1 di segmen hatchback,"pungkas Irwan Tjandradinata.***

Editor: Yudhi Prasetyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Exhibition Perdana Honda WR-V Hadir Di Kota Bandung

Kamis, 24 November 2022 | 10:19 WIB

Motor Listrik ini Cuma 8 Jutaan, Solusi Harga BBM Naik

Minggu, 18 September 2022 | 10:52 WIB

Honda Tambah Dealer Di Cikampek

Kamis, 1 September 2022 | 16:30 WIB
X