Perhatikan Ini, 4 Faktor Penyebab Kendaraan Anda menjadi Boros Bensin

- Rabu, 23 Maret 2022 | 21:59 WIB
Ilustrasi penyebab bahan bakar boros. (Pixabay)
Ilustrasi penyebab bahan bakar boros. (Pixabay)

Bisnis Bandung - Setiap pengendara  mobil tentunya ingin mengonsumsi bahan bakar kendaraannya dengan irit atau tidak boros.

Tapi menjadi catatan, jika kamu sudah berkendara secara ecodriving, namun konsumsi bahan bakar tetap boros, artinya mobil yang kamu kendarai mengalami beberapa masalah teknis.

Dalam akun Instagram @pertamina1solution melansir terdapat 4 penyebab bahan bakar kendaraan menjadi boros. Keempat penyebab tersebut yakni:

Baca Juga: Jakarta Auto Week 2022 Berakhir, Isuzu Capai Tren Positif

Penyebab pertama yakni, terlambat mengganti oli. Jarak yang dibutuhkan kendaraan untuk mengganti oli adalah 5000 kilomter.

Apabila melewati jarak tersebut, maka dapat mengakibatkan penurunan kualitas pada oli dan membuat kinerja mesin berkurang yang menyebabkan bensin menjadi boros.

Penyebab kedua yakni, menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai. Hal ini merupakan poin paling penting yang harus diperhatikan ketika  kamu ingin menghemat bensin.

Baca Juga: Resmi Meluncur di Indonesia, Generasi Terbaru HR-V Dibekali Fitur Keselamatan Honda Sensing

Penyebab bensin boros bisa dikarenakan penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai  rekomendasi  yang dapat membuat sistem pembakaran menjadi tidak sempurna
Maka dari itu, gunakan bensin sesuai dengan kebutuhan kendaraan.

Gunakan pertamax  series untuk mesin bensin  dan dex series untuk mesin diesel.

Baca Juga: 5 Manga Terbaik Shonen Jump Yang Akan Menjadi Anime Rekomendasi!

Penyebab ketiga yaitu filter bensin kotor. Filter bensin harus dibersihkan  dan wajib diganti setiap interval 30.000 – 40.000 kilometer. Tujuannya agar bensin yang disalurkan ke ruang bakar selalu bersih

Penyebab berikutnya yakni filter bensin kotor. Filter udara yang kotor akanmengurangi pasokan udara bersih kedalam ruang mesin yang membuat piston bekerja dengan berat, sehingga kamu harus menginjak gas lebih dalam agar bertenaga  dan membuat bensin cepat boros.***

Editor: Yudhi Prasetyo

Sumber: Instagram @pertamina1solution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Exhibition Perdana Honda WR-V Hadir Di Kota Bandung

Kamis, 24 November 2022 | 10:19 WIB

Motor Listrik ini Cuma 8 Jutaan, Solusi Harga BBM Naik

Minggu, 18 September 2022 | 10:52 WIB

Honda Tambah Dealer Di Cikampek

Kamis, 1 September 2022 | 16:30 WIB
X