123,8 juta Penduduk Diprediksi akan Melaksanakan Pergerakan Mudik Tahun 2023 Ini

- Kamis, 16 Maret 2023 | 13:00 WIB
123,8 juta Penduduk Diprediksi akan Melaksanakan Pergerakan Mudik tahun 2023 ini, Polri pastikan jalur yang biasa digunakan masyarakat untuk mudik, berjalan dengan aman dan nyaman (dok. humas.polri.go.id)
123,8 juta Penduduk Diprediksi akan Melaksanakan Pergerakan Mudik tahun 2023 ini, Polri pastikan jalur yang biasa digunakan masyarakat untuk mudik, berjalan dengan aman dan nyaman (dok. humas.polri.go.id)

Bisnisbandung.com - Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan bahwa Korlantas Polri telah meninjau sejumlah jalur mudik Lebaran 2023, sebagai bagian dari kesiapan Operasi Ketupat 2023.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, tinjauan kesejumlah jalur mudik Lebaran 2023 tersebut, dilakukan untuk memastikan kelancaran arus kendaraan saat mudik Lebaran nanti.

Dikatakan Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, Korlantas beserta stakeholder terkait sudah melaksanakan survei ke sejumlah ruas jalan, diantaranya yakni ruas jalan Pantai Selatan Banten sampai dengan DIY.

Baca Juga: Ketika Diam Bukan Berarti Tak Rindu, Ini Dia 5 Tanda-tanda Pria Introvert yang Memendam Kangen Sama Kamu

Korlantas Polri juga telah memeriksa ruas jalan pantai utara Jakarta hingga Semarang. jalan Tol dari Jakarta hingga Surabaya, serta ruas jalan menuju ke Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan.

Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengutarakan, hal tersebut dilakukan pihak Polri untuk memastikan semua jalur yang biasa digunakan masyarakat untuk mudik berjalan dengan aman dan nyaman.

Disinggung mengenai mekanisme pengaturan lalu lintas saat arus mudik dan balik, termasuk apakah ada pembatasan kendaraan, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menyatakan masih terus dibahas. Nantinya, keputusan tersebut akan tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB).

Baca Juga: Persib 90 Tahun, Jatidiri Orang Sunda, Tim Terbaik di Indonesia

Merujuk kepada survei Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub, lonjakan pemudik diprediksi akan naik cukup signifikan. Sebanyak 123,8 juta warga diprediksi akan melaksanakan pergerakan mudik, pada tahun 2023 ini.

Sedangkan untuk wilayah Jabodetabek, diprediksi ada 18,3 juta warga yang akan melaksanakan mudik. Itu artinya, lebih dari setengah warga Jabodetabek mudik pada Lebaran tahun ini.

Baca Juga: Seruan Jokowi, KTT ASEAN Manfaatkan Sebagai Ajang Promosi Labuan Bajo

Di sisi lain, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga memprediksi 42 ribu kendaraan akan memadati Pelabuhan Merak, Banten, saat puncak mudik Lebaran tahun 2023.

Jumlah tersebut meningkat dibandingkan puncak arus kendaraan yang terjadi pada h-3 Lebaran 2022 lalu yang mencapai 37 ribu kendaraan.***

Editor: Ahmad Farizal

Sumber: humas.polri.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X