Yuks! Jaga Kulit Sehat di Bulan Ramadhan

- Jumat, 1 April 2022 | 17:00 WIB
Illustrasi, Cara merawat kulit sehat di bulan Ramadhan (pixabay)
Illustrasi, Cara merawat kulit sehat di bulan Ramadhan (pixabay)

 

Bisnis Bandung - Bulan Ramadhan dilaksanakan oleh umat Islam selama 29-30 hari yang membutuhkan adaptasi kembali untuk menjalankannya. Sebagai umat Islam yang taat dan beriman pasti akan melaksakannya dengan sungguh-sungguh. Pahala sangat berlipat ganda sudah dijanjikan. Tentunya banyak persiapan yang harus dilakukan, diantaranya adalah mempersiapkan vitalitas kulit agar terus terjaga karena selama bulan Ramadhan kulit kerap kali akan terasa lebih kering dan terkadang bersisik karena faktor dehidrasi.

Lalu apa saja cara-cara paling jitu untuk bisa menjaga kesehatan kulit selama Ramadhan?

  1. Air putih yang cukup

Kebutuhan tubuh manusia akan cairan memiliki peran penting dalam kelangsungan hidup. Dalam menunjang kesehatan tubuh, dibutuhkan sekitar 2,5 L air putih per hari untuk pria. Sedangkan untuk wanita dewasa sekitar 2,3 L air putih per hari.

Sekitar 60% dari berat badan manusia adalah cairan. Tak heran bila setiap sistem di dalam tubuh memerlukan air untuk menjalankan fungsinya.

Baca Juga: Ada 3 Tips Diet yang Bisa Dilakukan Sebelum Tidur

Yakni untuk melembapkan tenggorokan, hidung, dan telinga, membawa nutrisi dari sel ke sel, dan sebagainya. Setiap hari Anda kehilangan cairan tersebut melalui proses berkeringat, bernapas, berkemih, dan pergerakan usus. Jika dibiarkan, kekurangan cairan dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi dapat bersifat ringan hingga berat, bahkan mengancam nyawa. Gejala paling ringan yang ditimbulkan saat dehidrasi adalah mudah lelah dan lemas.

  1. Buah dan sayur yang cukup

Buah dan sayur membawa banyak manfaat bagi tubuh, karena mengandung banyak serat dan nutrisi. Selama berpuasa, konsumsi buah dan sayur sangat dianjurkan, karena kaya akan manfaat yang dapat menunjang berbagai aktivitas selama berpuasa. Selain itu, perubahan pola makan dan gaya hidup seringkali dapat diubah dengan berpuasa. Minum air putih yang hanya bisa diminum pada waktu-waktu tertentu atau mengubah pola tidur bisa membuat Anda sembelit dan dehidrasi. Makan buah dan sayuran saat puasa dapat membantu menguranginya. Buah dan sayur yang baik dikonsumsi selama puasa diantaranya semangka, papaya, alpukat, bayam, brokoli, dan lobak.

Baca Juga: Berikut Ini Tips Menghemat Bahan Bakar Kendaraan

Halaman:

Editor: Us Tiarsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X