Pilah-Pilih Hewan Kurban di Tengah Wabah PMK, Pastikan Ada 2 Syarat Ini

- Rabu, 8 Juni 2022 | 17:00 WIB
Sapi, Salah Satu Hewan Kurban yang Terserang Wabah PMK (Bisnisbandung.com / Budi Hartati)
Sapi, Salah Satu Hewan Kurban yang Terserang Wabah PMK (Bisnisbandung.com / Budi Hartati)

Bisnis Bandung - Menjelang Hari Raya Idul Adha, masyarakat Indonesia berhadapan dengan wabah Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK yang menyerang hewan berkuku belah.

Meski begitu, Pemerintah Jawa Barat melalui Gubernur Ridwan Kamil mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik.

Menurut Ridwan Kamil, masyarakat hanya perlu memastikan hewan kurban yang dibeli ataupun dipotongnya memiliki 2 syarat, yaitu sertifikat sehat serta keping kuning pada telinga.

Baca Juga: Jangan Panik, Penyakit Mulut dan Kuku Tak Menular dari Hewan ke Manusia, Tapi Ada Syaratnya...

"Kepada konsumen yang membeli dan memotong, pastikan yang dibeli ada sertifikat sehatnya dan tanda keping kuning di kuping," pungkasnya.

Tahun ini, kebutuhan kurban di Jabar mencapai 804 ribu ekor yang terdiri dari 96.500 sapi, 2.600 kerbau, 609 ribu domba, dan 95 ribu kambing.

Usai Rapat Koordinasi bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Kakanwil Kemenag Jabar, serta MUI, Ridwan Kamil pun memastikan, Jabar sudah siap memenuhi kebutuhan yang terbesar di Indonesia tersebut.

Baca Juga: Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada Hewan, Ada Kemungkinan Menular ke Manusia?

Dirinya menambahkan, para penjual ternak pun harus memastikan hewan yang dijualnya sehat dan berkoordinasi dengan Dinas Peternakan masing-masing kota kabupaten untuk mendapatkan keping kuning tanda sehat.

Halaman:

Editor: Us Tiarsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X