Uniknya 3 sate berbahan dasar bukan daging, salah satunya sate kesukaan Jokowi

- Kamis, 21 April 2022 | 17:00 WIB
Sate unik berbahan dasar ika Bandeng (Dok. penghubung.bantenprov.go.id)
Sate unik berbahan dasar ika Bandeng (Dok. penghubung.bantenprov.go.id)


Bisnis Bandung - Sate adalah hidangan yang sangat populer di Indonesia, dengan berbagai suku bangsa dan tradisi seni memasak, telah menghasilkan berbagai jenis sate.


Di Indonesia, sate dapat diperoleh dari pedagang sate keliling, pedagang kaki lima di warung tepi jalan, hingga di restoran kelas atas, serta kerap disajikan dalam pesta dan kenduri.


Resep dan cara pembuatan sate beraneka ragam bergantung variasi dan resep masing-masing daerah. Hampir segala jenis daging dapat dibuat sate.


Sebagai negara asal mula sate, Indonesia memiliki variasi resep sate yang kaya. Biasanya sate diberi saus. Saus ini bisa berupa bumbu kecap, bumbu kacang, atau yang lainnya, biasanya disertai acar dari irisan bawang merah, mentimun, dan cabai rawit.

Baca Juga: 3 Kuliner Wajib di Cirebon, Salah Satunya Makanan Langka Pasca Kemerdekaan RI


Tahukah anda di Indonesia terdapat bahan bahan makanan lainnya yang bisa diolah menjadi sate selain sate berbahan daging sapi, kambing. Bahan bahan makanan ini ternyata memiliki rasa lezat setelah diolah menjadi sate.


Bahan pertama ialah ikan Bandeng, sate Bandeng populer di wilayah provinsi Banten. Konon makanan olahan dari ikan Bandeng ini diperkenalkan oleh juru masak kerajaan Banten Girang pada abad ke 16 untuk menjamu para tamu kerajaan.


Ikan bandeng memiliki banyak duri sehingga akan menyulitkan saat dikonsumsi, si juru masak tersebut memutar otak agar bisa menyajikan ikan bandeng dengan cara yang berbeda dan dapat dikonsumsi tanpa harus kesulitan saat dikonsumsi karena durinya.

Dirinya pun memutar otak untuk meminimalisir duri yang tertanam di daging ikan. Tak habis akal, sang juru masak memukul ikan hingga dagingnya hancur dan terpisah dari kulitnya. Daging yang telah hancur itu kemudian dikeluarkan dengan cara mencabut tulang dari bagian bawah kepala.

Halaman:

Editor: Us Tiarsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah 8 Tips Liburan Hemat dan Terjangkau

Rabu, 28 Desember 2022 | 18:45 WIB

Keren! 7 Tempat Terindah Di India Bagi Pecinta Alam 

Minggu, 4 Desember 2022 | 09:30 WIB

Gunung-gunung di Jawa Barat Yang Menarik Untuk Didaki

Selasa, 1 November 2022 | 10:30 WIB

Deretan Makanan Oleh-Oleh Cianjur, Wajib dicoba

Senin, 31 Oktober 2022 | 07:00 WIB
X