Produk Distro Sunda, Menitikberatkan Pada Konsep Desain, Treatment Mengolah Bahan dan Kualitas

- Kamis, 5 Mei 2022 | 08:45 WIB
distrosunda, produk khusus/produk custom, menitik beratkan pada kreatifitas penciptaan desain baru, tidak pada kuantitas produksi. (distrosunda)
distrosunda, produk khusus/produk custom, menitik beratkan pada kreatifitas penciptaan desain baru, tidak pada kuantitas produksi. (distrosunda)

Bisnis Bandung - Agus Rohaendi Effendi, Pupuhu Utama (Ketua Utama) Komunitas Iket Sunda, sekaligus pemlik Distro Sunda

Agus Rohaendi Effendi mengatakan, Distro Sunda (Disun) sejak tahun 2006. Pada saat itu di Bandung mulai bermunculan usaha di bidang clothing (distro). Agus Rohaendi Effendi kemudian mengaku tertarik untuk membuat distro juga. 

"Sebelumnya saya ingin membuat distro yang bertemakan Kota Bandung, tetapi saat itu sudah ada yang membuat yaitu Mahanagari yang kebetulan penciptanya alumni, adik angkatan di Seni Rupa ITB,  maka saya tak ingin membuat yang sama kemudian  saya mencari tematik lainnya", cerita Agus Rohaendi Effendi 

Agus Rohaendi Effendi mengungkapkan, beberapa tahun lulus di Seni Rupa ITB, ia  pernah beraktifitas di sebuah sanggar seni sebagai artistik dan kostum desain yaitu di sanggar seni Jugala Center di Bandung.

Baca Juga: Hiasan Berbahan Bambu Asal Sumedang ini Masih Banyak Peminatnya

"Disana saya mengenal keindahan budaya Sunda secara dasar filosofi maupun tampilan estetikanya"

"Kemudian atas dasar ketertarikan pada budaya Sunda, saya putuskan untuk memilih budaya sunda sebagai tematik distro yang saya dirikan, yang pada saat itu sama sekali tidak ada satupun yang membuat budaya sunda sebagai tema produk, kebanyakan bertemakan negara barat, british, beberapa style jepang dan sebagainya"

Bagi Agus Rohaendi Effendi, Distro Sunda adalah aplikasi keilmuannya di Seni Rupa ITB,  dimana membuat produk kreatif adalah salah satu garapan bidang desain"

"Latar belakang keluarga juga ada berpengaruh pada esensi produk saya, sebab beberapa keluarga saya ada yang beraktifitas di dunia seni termasuk seni budaya Sunda

Berdasar pada latarbelakang di bidang desain, maka produk distrosunda hampir 80% berupa produk khusus/produk custom, lebih menitik beratkan pada kreatifitas penciptaan desain baru, tidak pada kuantitas produksi

Halaman:

Editor: Yayu Rahayu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menarik! Inilah 3 Ide Bisnis Online Untuk Pemula

Jumat, 25 November 2022 | 21:15 WIB
X