Inovatif, Hijab Ini Trendy Tapi Classy, Tidak Terawang, Flowy

- Sabtu, 9 April 2022 | 14:00 WIB
Finshi ID, menjual produk yang classy, bahan premium, jahitan rapi seperti butik melalui QC (Finshi ID)
Finshi ID, menjual produk yang classy, bahan premium, jahitan rapi seperti butik melalui QC (Finshi ID)

Bisnis Bandung - Pemilik Finshi ID, Fina Za'imah Maznah mengungkapkan, sebelum menggeluti usaha, awalnya di tahun 2017 di semester akhir kuliah S1 mencari hijab untuk kebutuhan sendiri.

Dikatakannya, waktu itu kayak tidak cocok dengan bahan hijab di pasaran jadi cari - cari bahan dan dijadikan kerudung.

"Eh waktu itu ada temen dan saudara yang nanyain, jadilah jualan hijab dari mulut ke mulut beli bahan sendiri, ke penjahit dan foto produk pake hp, model fotonya temen sendiri, pas omsetnya udah lumayan barulah jualan di online atau marketplace seperti OLX, shopee sama instagram", ceritanya.

Fina Za'imah Maznah mengatakan, tahun 2018 berhenti jualan hijab secara online karena sibuk kuliah S2, tapi masih terima pesanan kalau ada teman yang mau pesan. Tahun 2019 berjualan hijab lagi di acara - acara bazar.

Memulai lagi untuk serius berjualan di tahun 2022, serius menyusun rencana bisnis, mulai dari membuat logo, survey bahan - bahan yang sedang trend tapi classy, mencari penjahit profesional, membuat foto produk, tidak hanya menjual hijab, ditambah baju dan beberapa aksesoris lainnya.

Fina Za'imah Maznah menegaskan usaha yang digelutinya saat ini tidak berkaitan dengan latar belakang pendidikan, dan latar belakang orangtuanya/keluarganya.

Baca Juga: Tanaman Kaktus Hias Mini Percantik Ruangan

Orangtuanya, keduanya berprofesi sebagai PNS, mereka mendukung dalam bidang pendidikan tetapi tidak mendukung dalam bidang wirausaha, tegasnya.

Kemampuan produksi awalnya belajar secara otodidak.Tahun 2019 mengikuti pendampingan UMKM Jabar selama beberapa bulan.

Akhirnya launching produk lagi pertama kalinya di acara bazar di Gedung Sate. Tapi belum berjualan online lagi.

Waktu S2 merintis startup juga di bidang makanan yang dibina oleh LPIK ITB, startup psikologi dan pendidikan yang dibina oleh TGH SBM ITB. Disana mendapat banyak pelajaran mengenai berbisnis.

Tahun 2021 sempat menjadi pendamping Socio preneur di acara Kemenkop selama 3 bulan merasa termotivasi dari orang - orang. Selanjutnya harus sering - sering riset pasar karena trend berkembang begitu cepat.

Fina Za'imah Maznah mengutarakan, produk Finshi ID menggunakan bahan kain lokal dan import yang premium.Mulai dari voal ultrafine tryspan printing, ceruti premium, credenza premium, armani silk printing, dan lain - lain.

Untuk memproduksi tidak membutuhkan keahlian khusus, hanya harus survey bahan dan mencari penjahit yang rapi sekelas butik.

Untuk produkai hijab sehari bisa jadi, kalau baju lumayan lama sekitar 2 minggu dari mulai beli bahan, pembuatan pola, jahit. Untuk pembuatan packaging dan logo sekitar 10 hari. Saat ini ada 3 orang pekerja.

Halaman:

Editor: Yayu Rahayu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tingkatkan Pemasukan Dengan 3 Level Penghasilan Ini

Sabtu, 4 Februari 2023 | 17:30 WIB

Launching And Gathering Ramadhan Fashion Market 5.0

Selasa, 31 Januari 2023 | 13:36 WIB
X