Miris, Baru 6,5 Persen Disabilitas di Jabar yang Bekerja

- Jumat, 15 Juli 2022 | 16:00 WIB
Masih Banyak Penyandang Disablitas di Jabar yang Belum Bekerja (Bisnisbandung.com / Budi Hartati)
Masih Banyak Penyandang Disablitas di Jabar yang Belum Bekerja (Bisnisbandung.com / Budi Hartati)

Bisnisbandung.com - Hingga saat ini, diskriminasi bagi penyandang disabilitas masih ada, di Jabar salah satunya. Hal tersebut terlihat dari masih minimnya para penyandang disabilitas yang mendapatkan pekerjaan.

Data Kementerian Sosial RI tahun 2021 menyebutkan, baru 1.478 dari 23.566 penyandang disabilitas di Jabar yang bekerja. Atau jika diprosentasekan, baru 6,5 persen penyandang disabilitas di Jabar yang bekerja.

Karenanya, berbagai pihak seperti Pemerintah Provinsi Jabar hingga Save The Children Indonesia terus berupaya mendorong partisipasi disabilitas dalam aktivitas masyarakat, tak ada diskriminasi, dan terciptanya kesempatan yang sama khususnya dalam pekerjaan.

Baca Juga: Kemnaker Gelar Job Fair khusus Penyandang Disabilitas Yang Bergining Di PT DKI

Salah satu upaya dilakukan dengan memberikan penghargaan bagi perusahaan-perusahaan yang telah mempekerjakan penyandang disabilitas dan perusahaan Lembaga Uji Kompetensi.

Pemberian penghargaan dari Disnakertrans tersebut dilakukan Kamis, 14 Juli 2022, dalam Festival Garuda Jaya di Plaza Gedung Sate Bandung, bagi 20 perusahaan yang mempekerjakan disabilitas muda.

Sedangkan penghargaan berupa sertifikat dari Komisi Nasional Disabilitas diserahkan untuk perusahaan Lembaga Uji Kompetensi.

"Penyandang disabilitas dan kita adalah sama, memiliki hak yang sama dalam segala hal, kesejahteraan dan kesetaraan dalam segalanya," tutur Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum.

Uu pun berharap, masyarakat lebih memahami dan peduli dengan memberikan kesempatan serta menyediakan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas untuk berpartisipasi aktif seperti warga lainnya.

Halaman:

Editor: Us Tiarsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sakit Yang dirasa Terobati Dengan Raih Medali Emas

Rabu, 16 November 2022 | 11:00 WIB

Anda Warga Garut, Yuk Dukung Garut Go Internasional

Senin, 14 November 2022 | 21:15 WIB
X