Asosiasi Hotel Gelar Jumat Berbagi Dalam Rangka Menyambut Ramadhan

- Selasa, 5 April 2022 | 09:17 WIB
Sejumlah Asosiasi Hotel melakukan kegiatan Jumat Berbagi (dok.Fajar Hidayat)
Sejumlah Asosiasi Hotel melakukan kegiatan Jumat Berbagi (dok.Fajar Hidayat)

Bisnis Bandung - Sambut Ramadhan sejumlah asosiasi hotel di Kota Bandung menggelar Jumat Berbagi dengan membagikan makanan dalam kotak dan beberes di Masjid Agung Al Ukhuwah Bandung, jl. Aceh, Jumat ( 01/04/2020).

Jumat Berbagi yang juga bertepatan dengan pergantian bulan yakni bulan April menjadikan momen kebangkitan dari pandemi Covid-19 dengan cara berbagi makanan yang sudah terkumpul 1.500 box.

Kegiatan Jumat Berbagi hasil kolaborasi asosiasi hotel diantaranya Indonesian Hotel Manager Association (IHGMA), Riung Priangan, Hotel Front Liner Association (HFLA), Indonesia Housekeepers Association (IHKA), Indonesian Chef Association (ICA), Hotel Information Technology Association (HITA), Food and Baverage Manager Bandung Association (FBMBA), Association Chief Engineer (ACE), Assosiasi Manajemen Sumberdaya Insani Hotel (AMSIH).

Terkumpulnya sejumlah assosiasi dengan uniform atau seragam hotel masing-masing, seakan keberagaman warna tapi menyatu dalam satu momen Jumat Berbagi dalam satu Ukhuwah.

Baca Juga: KPID Jabar Imbau Lembaga Penyiaran di Jawa Barat Perhatikan Klasifikasi Usia dalam Penayangan Film

Tampak juga beberapa vendor hotel yang support kegiatan Jumat Berbagi dengan menyiapkan alat pembersih lantai hingga desinfektan yang nantinya akan digunakan bebersih di seluruh area Masjid Agung Al Ukhuwah.

Ketua Panitia Jumat Berbagi, Prayogi Rahman mengatakan bahwa target hari ini dalam sambut Ramadan adalah bebersih masjid selanjutnya penyemprotan desinfektan sekaligus setelah sholat jumat dibagikan 1.500 makanan dalam box untuk jamaah Masjid Agung Al Ukhuwah dan yang melintas hingga di jl. Wastukencana.

"Kegiatan Jumat Berbagi ini nantinya diadakan bukan hanya menjelang Ramadan saja, kita memiliki target di momen menjelang Natal dan hari-hari baik lainnya lintas agama. Hal ini menghendaki profesi kita bukan berpihak pada mayoritas atau minoritas tapi semuanya nanti momennya sama," terang Prayogi Rahman yang akrab di sapa Yogi.

Semula, kegiatan Jumat Berbagi seperti ini dilaksanakan oleh masing-masing asosiasi bahkan di momen tertentu melakukan sesuatu sesuai agendanya. Saat ini, kita bisa berkumpul bersama, agar rangkaian asosiasi yang berada di Bandung dan Jawa Barat dapat terangkul melakukan hal yang sama, tambah Yogi.

"Saat kita bersatu, kita akan kuat, momen apapun dapat dijalankan dengan koordinasi yang baik, momen Jumat Berbagi ini tercetus 2 minggu yang lalu hingga terkumpul 7 asosiasi hotel ini, dan terima kasih banyak atas semangat ini," ujar Yogi.

Semoga momen menyambut Ramadan di tahun ini dengan Jumat Berbagi menjadi pemicu dan penyemangat ibadah puasa dan ibadah lainnya guna menyebarkan kebaikan untuk sesama manusia terus berlangsung.


"Sebagai bahan edukasi juga, bahwa meski semua hari sama, bagi muslim Hari Jumat memiliki keistimewaan dan keutamaan tersendiri, selain disebut sebagai Rajanya Hari karena banyaknya peristiwa yang terjadi pada Hari Jumat ini," terang Yogi.

Baca Juga: Teknik Dasar Public Speaking Agar Tidak Gugup

Hal yang sama disampaikan oleh Arief Herdiyana dari Hotel Front Liner Association bahwa hari ini kita bersemangat kembali dalam menyambut bulan suci Ramadan.

"Sejak pandemi Covid-19 yang sudah berjalan 2 tahun ini membuat segala aktifitas assosiasi terhenti dengan sendirinya, diakibatkan oleh pembatasan-pembatasan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19," kata Arief Herdiyana.

Segala daya dan upaya sudah dilakukan oleh pemerintah dan partisipasi warga menjalankan protokol kesehatan, Alhamdulillah kita sudah memasuki adaptasi kebiasaan baru dalam menjalankan aktifitas, tambah Arief.

"Jumat Berbagi saat ini menjadi momen spesial, dengan berkumpulnya assosiasi hotel menyambut Ramadan penuh suka cita berkolaborasi dalam kegiatan bebersih dan penyemprotan desinfektan sekaligus membagikan 1.500 makanan kepada jamaah Masjid Agung Al Ukhuwah serta warga yang melintas di jalan," ujar Arief.

Momen bersatu ini akan menjadi catatan sekaligus evaluasi untuk menyelenggarakan kembali kegiatan sosial, khususnya kegiatan kemanusiaan agar kita dapat bangkit kembali dari keterpurukan akibat dampak pandemi Covid-19.***

Editor: Yayu Rahayu

Sumber: press release

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Garut Bersyukur Alumni ITB "Nyaah ka Garut"

Senin, 3 Oktober 2022 | 09:30 WIB

Ridwan Kamil Mengapresiasi Dibuatnya AMS Rescue

Minggu, 25 September 2022 | 12:08 WIB

Jelang Rakerda, IA ITB Jabar Gelar Seminar Geothermal

Rabu, 21 September 2022 | 07:51 WIB

HIPMI KBB, Bangkit Solid

Senin, 19 September 2022 | 20:40 WIB
X